Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak

R tiara Anindya Ayu, Elly Halimatusadiah, Diamonalisasi Sofianty

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of profitability and firm size on tax aggressiveness. This research was carried out in banking companies on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017 with descriptive and quantitative research methods. Data sources used secondary data sources. The data collection techniques used are library study methods and documentation methods. The sampling technique in this study is Non-probability Sampling with Purposive Sampling techniques. The testing of the hypothesis used is the Analysis of Multiple Linear Regression. The results of the study show that (1) Profitability affects the aggressiveness of the tax, (2) The size of the company does not affect tax aggressiveness. It is recommended for further researchers to be able to develop this research by adding other variables that are not discussed and expanded so that research results can be obtained with a higher level of generalization.

Keywords: profitability, company size, tax aggressiveness

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak. Penelitian ini dilakukan di perusahaan perbankan yang ada di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017 dengan metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu Non-probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak, (2) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel-variabel lain yang tidak dibahas serta memperluas sehingga dapat diperoleh hasil penelitian dengan tingkat generalisasi yang lebih tinggi.

Kata kunci : profitabilitas, ukuran perusahaan, agresivitas pajak.


Keywords


profitabilitas, ukuran perusahaan, agresivitas pajak.

Full Text:

PDF

References


Aviantara, Aris & Associates, 2011. http://konsultanpajak-aaa.com/ [15 Jul 2013]

Haling, K.P. 2012. Organizational Architectureof Multinational and Tax Aggresiveness. University of Waterloo. Canada.

Hormati, Asrudin. 2009. Karakteristik Perusahaan Terhadap Kualitas Implementasi Corporate Governance. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.13, No.2 ; 288-298

Kasmir, 2014. Dasar-dasar Perbankan. Edisi Revisi,cetakan keduabelas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kurniasih, Tommy dan Maria M. Ratna Sari. 2013. Pengaruh Return On Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi Vol 18, No.1,Halaman 58-65

Lanis, R and G, Richardson. 2007. Corporate Social Responsibility and Tax Aggresiveness: An Empirical Analysis. J. Account. Public, 86-108.

Sartono, A. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Suwito, Edy dan Arleen Herawaty. 2005. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba yang dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo. 15-16 September.

Undang – undang No. 36 Tahun 2008 pasal 2 ayat (1)

Undang-undang No. 20 Tahun 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19020

Flag Counter    Â