Perancangan Sistem Informasi 13Trooper

Gina Nurfajrina, Magnaz Lestira Oktaroza, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract.13Trooper is a company engaged in the sale of clothing, pants, jackets, and other accessories that are produced by themselves from raw materials to goods.  The problems faced by the company are the multiplicity of functions that occur, the absence of supervision and control of activities that occur in the company specifically in sales, production, purchasing, and finance department. In results, business owner can’t see the business development as each of the department doesn’t have reports. Furthermore, the company does not apply warehouse function to control and manage raw materials and finished goods.  This study aims to design information systems to improve corporate control and to make operational activities effective and efficient.  The research method used is descriptive analysis research method using the FAST system development method (Framework For The Application Development) that is used to identify problems and make improvements to the previous system that have weaknesses to get a better system.  This design produces an information system for sales, production, purchasing, warehouse, and finance to support company activities along with the design of inputs, processes, outputs, integrated with interfaces designed by this research so that the quality of information systems and company objectives can be achieved optimally.

Keywords: Information Systems, Designing, Sales, Production


Abstrak.13Trooper meupakan peusahaan yang bergerak di bidang penjualan baju, celana, jaket, dan asesoris lain yang diproduksi sendiri dari bahan baku sampai barang tersebut menjadi barang jadi. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu banyaknya rangkap fungsi yang terjadi, tidak adanya pengawasan dan pengendalian dari pemilik atas aktivitas yang terjadi di perusahaan, bagian penjualan, produksi, pembelian, dan keuangan di mana tidak selalu membuat laporan pada setiap bagian untuk dilaporkan kepada pemilik perusahaan yang merupakan bukti untuk membantu melihat perkembangan usaha, tidak ada fungsi gudang untuk mengontrol dan mengelola bahan baku dan barang jadi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi untuk meningkatkan pengendalian perusahaan serta agar aktivitas operasional menjadi efektif dan efesien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan metode pengembangan sistem FAST (Framework For The Application Development) yang digunakan untuk mengetahui permasalahan serta melakukan perbaikan dari sistem sebelumnya yang memiliki kelemahan untuk mendapatkan sistem yang lebih baik. Perancangan ini menghasilkan sistem informasi untuk bagian penjualan, produksi, pembelian, gudang, dan keuangan untuk menunjang aktivitas perusahaan beserta rancangan input, proses, output, yang terintegrasi dengan interface yang dirancang penulis agar kualitas sistem informasi dan ujuan perusahaan bisa tercapai dengan maksimal.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Perancangan, Penjualan, Produksi


Keywords


Sistem Informasi, Perancangan, Penjualan, Produksi

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Baridwan, Zaki. 2010. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi lima. Yogyakarta : BPPE.

La Midjan dan Azhar Susanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi I. Edisi delapan. Bandung : Lingga Jaya.

Jogiyanto, Hartono. M. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Leitch Robert A., K. Roscoe Davis. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: BPFE. Yogyakarta

Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor : Ghalia.

Mulyadi. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Empat. Jakarta : Salemba Empat.

Romney, Marshall B dan Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi tiga belas. Alihbahasa : Kikin Sakinah dan Novita Puspasari. Jakarta : Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Aflabeta

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya

Sutarbi, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Whitten, Jeffrey L & Lonnie D Bentley. 2008. Introduction to System Analysis and Design, First Edition. New York: McGrwaw-Hill Irwin.

Winardi, J. 2005. Manajemen Perubahan. Cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19008

Flag Counter    Â