Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Nafrian Kharismadi, Yuni Rosdiana, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Organizational culture and work discipline can affect the performance of each individual within a company. The better organization and discipline to eat will improve employee performance. This study aims to examine the influence of organizational culture and discipline of work on employee performance at the Regional Water Company (PDAM) Tirtawening Bandung. The research was conducted on employees working in the Regional Water Company (PDAM) Tirtawening Bandung. The method used in this study is the verification method and the quantitative. The data used in this research is the primary data source. The data collection techniques used are questionnaires. The population of this study was all employees of the Regional Water Company (PDAM) Tirtawening Bandung. The sampling technique in this research is the probability sampling of the sampling area (cluster). Testing the hypothesis in this study conducted by using multiple regression analysis. Hypothesis testing results indicate that organizational culture affects the performance of employees, and work discipline influence on employee performance.

Keywords: Employee Performance, Organizational Culture, Work Discipline

Abstrak. Budaya organisasi dan disiplin kerja dapat mempengaruhi kinerja pada setiap individu dalam suatu perusahaan. Semakin baik organisasi dan disiplin kerja makan akan meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode verifikatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis sampling convenience. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci:  Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

 


Keywords


Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Hasibuan , Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara Jakarta.

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi (Orgaizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi Teori, Penelitian, dan Praktik; Jakarta, Salemba Empat.

Munandar, A.S. 2012. Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Unjuk Kerja Perusahaan. Jakarta: PT Salemba Empat.

Novziransyah, Nanda. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Kantor Wilayah Sumatera Utara Medan. Jurnal JUMANTIK, Volume 1 nomor 2, Juni 2017.

Pabundu, Tika, 2006, Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Cetakan Pertama, PT. Bumi Aksara.

Rivai et.al.,2015, Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada.

Robbins,Stephen P. & Judge, Timothy A. 2016. Organizational Behaviour,Edition 16. Boston: Pearson.

Soedjono, 2005, †Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabayaâ€, JURNAL MANAJEMEN & KEWIRAUSAHAAN, VOL. 7, NO. 1, MARET 2005: 22- 47.

Setiyawan, Budi dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi

RSUP Dokter Kariadi Semarang. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 181-198.

https://jambi.tribunnews.com/2018/08/06/buntut-pelaporan-4-karyawan-pdam-tirta-mayang-dipecat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18874

Flag Counter    Â