Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Konveksi Hiel Production

Rudi Fakhruddin, Magnaz Lestira Okataroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstrak.Konveksi Hiel Production merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi pembuatan berbagai jenis pakaian sesuai dengan pesanan konsumen. Permasalahan yang dihadapi Konveksi Hiel Production yaitu penerepan sistem pada perusahaan masih dengan cara manual dan kurang memadai, kurangnya dokumentasi sistem informasi pembelian, sistem informasi produksi dan sistem informasi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan, mengetahui kelemahan sistem informasi yang sedang diterapkan, dan membuat perancangan sistem informasi yang baru agar membantu perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan perusahaan, serta dapat menunjang aktivitas operasional perusahaan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu deskriptif analisis, sedangkan untuk metode pengembangan sistemnya menggunakan metode FAST (Framework for Application of System Technique) berupa tahapan dalam pengembangan sistem melalui beberapa fase dan aktivitas yang dilakukan, serta menggunakan teknik pengumpulan data JAD (Join Application Development) sehingga sistem yang dihasikan akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tersruktur dengan baik dan jelas. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu sebuah rancangan sistem informasi pembelian, produksi dan penjualan yang mampu menunjang aktivitas operasional pada Konveksi Hiel Production.

 

Kata Kunci : perancangan, sistem Informasi, sistem informasi penjualan, sistem informasi pembelian, sistem informasi produksi.


Keywords


perancangan, sistem Informasi, sistem informasi penjualan, sistem informasi pembelian, sistem informasi produksi.

Full Text:

PDF

References


Gelinas, Ulrich & Dull B. Richard. 2012. Accounting Information Systems, 9th ed.

South Western Cengage Learning : USA.

Hall, James. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. Puspitasari, Elvita., Nunung Nurhayati, Magnaz L.O. 2016. Perancangan

Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung dalam SPeSIA UNISBA.

Susanto, Azhar. 2003. Sistem Informasi Akuntansi 2. Edisi Ketujuh.

Bandung: Lingga Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18781

Flag Counter    Â