Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kompetensi Fiskus terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi

Muhamad Azmi Bahtiar, Elly Halimatusadiah, Diamonalisa Sofianty

Abstract


Abstract.The government, in this case, the tax authorities should be able to apply a good bureaucratic process. When the bureaucracy is applied properly, then the taxpayer will be more interested to implement the payment of taxes in accordance with their respective obligations. One of the efforts made by the tax office is the increase in quality of human resources, quality of service and competence of the tax authorities.This study aims to look at how the tax service quality and competence of the tax authorities to the satisfaction of individual taxpayers on the Tax Office Pratama Bandung Bojonagara.TThe populationuin this study is active registered tax payers on the Tax Office Pratama Bandung Bojonegara, Samples were treated in this study were 40 respondents. This study uses descriptive and verification, Methods of data analysis in this study using multiple regression analysis with the ccoefficient of determination (R2), F test and t-test. These results indicate the tax service quality variables affect the satisfaction of individual taxpayers and the tax authorities' competence affect the satisfaction of individual taxpayers.

Keywords: Satisfaction of the individual taxpayer, tax authorities Competence, Quality Tax Service.

 

Abstrak. Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Pajak harus mampu menerapkan proses birokrasi yang baik. Ketika birokrasi diterapkan dengan baik, maka wajib pajak akan lebih tertarik untuk melaksanakan pembayaran pajak sesuai dengan kewajiban mereka masing-masing. Salah satu upaya yang dilakukan oleh kantor pelayanan pajak adalahspeningkatantdari segi kualitas sumber daya manusia,  yaitu kualitas pelayanan danzkompetensiTfiskus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanatkualitas pelayanan pajak dan kompetensi fiskuszterhadapzkepuasanzwajib pajak orang pribadizpada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara.zPopulasicdalam penelitian ini adalah wajib pajak aktifzyang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonegara.zSampel yang diolahzdalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif.zMetode analisis data dalamzpenelitianTini menggunakan analisis regresi berganda dengan koefisien determinasi (R2),  uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukanzvariabelTkualitas pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepuasanzwajibTpajak orang pribadi dan kompetensi fiskuszberpengaruh terhadap kepuasanzwajibTpajak orang pribadi.

Kata Kunci :Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi,Kompetensi Fiskus, Kualitas Pelayanan Pajak.


Keywords


Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi,Kompetensi Fiskus, Kualitas Pelayanan Pajak.

Full Text:

PDF

References


Anatan, Lina. & LenaiEllitan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam bisnis Modern. Alfabeta. Bandung.

Berry, L. TL, Parasuraman, A. and Zeithaml TV. (1994). "Improving Service Quality in America: Lessons Learned, Academy of Management Executive.

Ezra Eigita Vigryana,Mochammad Djudi mukhzam dan Ika Ruhana. 2016. Pengaruh Kompetensi Fiskus Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi pada wajib pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Jurnal Perpajakan (Jejak)| Vol. 9 No.1.

Fandy Tjiptono. 2006, Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fitrio Ramadhani. 2015. Pengaruh kualitas pelayanan akses dan kompetensi fiskus terhadap kepuasan pemenuhan kewajiban perpajakan Jomifekon Vol. 2 No. T2.

Kasmir. 2005. Etika Costumer Service. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Liberti pandiangan. 2014. Administrasi Perpajakan: pedoman praktis bagiTwajib pajak di Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Qodir, Subki Abdul. 2008. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Pajak terhadap Kepuasan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Mengisi dan Menyampaikan SPT PPh 21 Orang Pribadi. (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Utara)”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratu,Sofianty dan Nurhayati. 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Survey Pada Wajib Pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung).

Supriyanto. 2006. “Meningkatkan Eksistensi IPI dalam Mengembangkan Profesionalisme Pustakawan”. dalam Supriyanto Dan Rimbarawa (Ed.), Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan.Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta.

Wibowo. 2016.Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Erlangga.




Flag Counter