PENGARUH TEKANAN KETAATAN DAN SELF EFFICACY TERHADAPN AUDIT JUDGMENT DENGAN PENGALAMAN SEBAGAI VARIAEL MODERASI (SURVEY PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG)

Vergiawan Listianto, Pupung Purnamasari, Hendra Gunawan

Abstract


Dalam melaksanakan proses audit, profesi akuntan publik diperlukan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut tidak memberikan informasi yang menyesatkan kepada masyarakat dan pemakai laporan keuangan. Masyarakat dan pemakai laporan keuangan mengharapkan agar akuntan publik dapat memberikan jaminan mutlak (absolute assurance) mengenai hasil akhir proses audit yaitu laporan auditor. guna memperoleh kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh tekanan ketaatan, self efficacy terhadap audit judgment dengan dimoderasi oleh pengalaman.

Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner. Alat uji analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi berganda moderasi, dengan menggunakan program SPSS versi 19.0 (Statistical Package for the Social Sciences).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh antara tekanan ketaatan, self efficacy terhadap audit judgment dengan pengalaman sebagai moderasi.


Keywords


Tekanan Ketaatan, Self efficacy, Audit Judgment, Pengalaman

References


Arens, Alvin A, James L. Loebbecke. 2003. Auditing : An Integrated Approach. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bandura, A,1986. Self-efficacy mechanism in physiological activation and health-promoting

behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect (pp.1169-1188). New York: Raven.

Chung, J. Dan G.S. Monroe. 2001. A Research Note on The Effect of Gender and Task Complexity on Audit Judgment. Journal Behavioral Research. Volume 13, No. 1, Pages 111-125. York University Toronto, Canada.

Hogarth. R. M , dan H.J. Einhorn. 1992. Order Effects in Belief Updating: The Belief-Adjustment Mode. Cognitive Psychology. Volume 24, Issue 1, January 1992, Pages 1–55. America Serikat..

Hiro Tugiman, 1997, Standar Profesional Audit Internal, Edisi II, Cetakan ke-5, Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Jamilah. S., Zaenal Fanani dan Grahita Chandrarin. 2007. Pengaruh Gender Tekanan Ketaatan dan kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. Simposium Nasional Akuntansi 10, Makasar.

Pikiran Rakyat. 2003. â€Direksi Bank Lippo Didenda Rp 2,5 Miliarâ€. http://www.pikiranrakyat.com diakses pada tanggal 17 september 2013.

Siti Asih, Nadhiroh “Pengaruh Kompleksitas tugas, Orientasi tujuan, Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Auditor Dalam PEmbuatan Audit Judgment study kasus (pada KAP di semarang)â€, tahun 2010.

Sukrisno, Agoes. 2006. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik, Jilid Satu, Edisi Ketiga, Lembaga Penerbit FEUI.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1867

Flag Counter    Â