PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGASI TERHADAP PENGUNGKAPAN FRAUD (STUDI KASUS PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PERWAKILAN JAWA BARAT)

Isam Ahmad Fauzan, Pupung Purnamasari, Hendra Gunawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akuntansi forensik serta audit investigasi yang dimiliki auditor terhadap pengungkapan fraud. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Barat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan sampel auditor investigasi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Barat sebanyak 32 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis data SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi forensik serta audit investigas berpengaruh sangat baik secara parsial maupun simultan terhadap pengungkapan fraud. Berdasarkan hasil analisis, hubungan yang kuat juga ditunjukkan kedua variable bebas terhadap pengungkapan fraud 0.647 (R), selain itu kemampuan yang ditunjukkan variabel-variabel independen dalam menjelaskan pengungkapan fraud adalah sebesar45,5% (R square = 0.455) sedangkan 54,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

 


Keywords


Akuntansi Forensik, Audit Investigasi, Pengungkapan Fraud

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Renika Cipta

Ayu, Dymita. 2012. Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Akuntansi Forensik Sebagai Pencegahan Fraud Di Indonesia. Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Banjarnahor, Ewi. 2014. Pengaruh Penerapan Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif Terhadap Pengungkapan Fraud Kasus Korupsi.Universitas Mercubuana. Jakarta.

Gusnardi. (2008). Pengaruh Peran Komite Audit dan Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Sosiohumaniora, Vol.10, No.2.

Mulyadi. 2002. Auditing Edisi ke-6. Jakarta: Salemba Empat.

Nawangwulan, Maya. 2013. Tingkat Korupsi Indonesia Kian Memburuk. http://www.tempo.co/read/news/2013/07/11/063495321/Di-ASEAN-Tingkat-Korupsi-Indonesia-Kian-Memburuk.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (pusdiklatwas). 2008. Kode Etik dan Standar Audit.

Tuanakotta, Theodorus M. 2012. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta: Salemba Empat.

Tuanakotta, Theodorus M. 2013. Audit Berbasis ISA (International Standards on Auditing). Jakarta: Salemba Empat.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Vona, Leonard W. 2008. Fraud Risk Assessment Building A Fraud Audit Program. New Jersey: Wiley & Sons, Inc




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1856

Flag Counter    Â