Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis pada Klinik Mitra Medika Abadi

Siti wahini Surastri Diyaksa, Magnaz Lestira Okataroza, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract.Mitra Medika Abadi Clinic is a service company engaged in the ministry of health. This clinic provides health services such as nursing care clinic services and emergency services unit. Problems encountered in the Mitra Medika Abadi Clinic namely related to the processing and storing data that is still done manually, the procedure system is not well managed, some documents from each part are still incomplete and no reports are needed as information for the Mitra Medika Abadi Clinic. The purpose of this research is to create a model of the design of appropriate service information system on hospital care and emergency units of each section as part of the registration/services, medical administration/part doctor, part Laboratory, and the cashier. With the computerized system can help the clinic in order to be more effective and efficient in the works, and can store and process data on a regular basis. Methods used in the design of this is FAST (Freamwork For Application Of System Technique), and the following stages of the System Development, data collection techniques as well as using JAD (Joint Application Development) so, will produce a more structured system. The results of the design carried out by the researcher, namely to design an information system for the care policlinic and information systems of the emergency unit that can support operational activities to Mitra Medika Abadi Clinic.

Keywords : Poliklinik Perawatan, sistem, sistem informasi pelayanan, unit gawat darurat

Abstrak.Klinik Mitra Medika Abadi merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan. Klinik ini menyediakan jasa pelayanan kesehatan seperti pelayanan poliklinik perawatan dan pelayanan unit gawat darurat. Permasalahan yang dihadapi pada Klinik Mitra Medika Abadi yaitu terkait dengan pengolahan dan penyimpanan data yang masih dilakukan secara manual, sistem prosedur yang belum terkelola dengan baik, beberapa dokumen dari setiap bagian masih belum lengkap serta tidak dibuatkan laporan yang dibutuhkan sebagai informasi pada Klinik Mitra Medika Abadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model perancangan sistem informasi pelayanan yang sesuai pada poliklinik perawatan dan unit gawat darurat dari setiap bagian seperti bagian pendaftaran/pelayanan, bagian administrasi medis/dokter, bagian laboratorium, dan bagian kasir. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi dapat membantu klinik agar lebih efektif dan efisien dalam bekerja serta dapat menyimpan dan mengolah data secara teratur. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah FAST (Freamwork For Application Of System Technique), dan mengikuti tahapan System Development, serta menggunakan teknik pengumpulan data JAD (Joint Application Development) sehingga, akan menghasilkan sistem yang lebih berstruktur. Hasil perancangan yang dilakukan peneliti yaitu, membuat rancangan sistem informasi pelayanan poliklinik perawatan dan sistem informasi unit gawat darurat yang dapat menunjang kegiatan operasional pada Klinik Mitra Medika Abadi.

Kata Kunci: Poliklinik Perawatan, sistem, sistem informasi pelayanan, unit gawat darurat


Keywords


Poliklinik Perawatan, sistem, sistem informasi pelayanan, unit gawat darurat

Full Text:

PDF

References


Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi keempat . Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu YKPN.

O’Brien, James A & George M Marakas. 2014. Management Information Systems 10 Edition. New York. McGraw-Hill Irwin.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18559

Flag Counter    Â