PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN INTEGRITAS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT (SURVEY PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG, JAWA BARAT)

Yanuar Pahlivi, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi, kompetensi, dan integritas, terhadap pemberian opini audit. Penelitian ini dilakukan pada auditor yang bekerja di kantor akuntan publik (KAP) yang ada di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dari 61 kuesioner yang disebar, kuesioner yang kembali sebanyak 47, 45 kuesioner dapat diolah dan dianalisis sedangkan 2 kuesioner tidak lengkap. Uji statistik yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa independensi, kompetensi dan integritas baik secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit.

 

 


Keywords


Indpendensi, Kompetensi, Integritas, Pemberian opini audit

References


Adrian, Arfin. 2013. Skeptisisme Profesional Audit, Etika, Pengalaman dan Keahlian Audit

Ardiyos. 2007. Kamus Standar Akuntansi. Citra Harta Prima: Jakarta

Auditor BPK. JOM FEKON VOL.1 NO.2

Dreyfus, H.L & S.E Dreyfus. 1986. “Mind Over Machine: The Power Of Human Intuition And Expertise In the Era The Computer â€. (The Free Press).

Ethics, Experience and Expertise Make an audit of to Accuracy of Audit Opinion by

Hery dan Merrina Agustiny. 2007. “Pengaruh Pelaksanaan Etika Profesi Terhadap Pengambilan Keputusan Akuntan Publik (Auditor)â€. Jurnal Akuntansi & Manajemen, Vol. 18, No. 3 Desember 2007, 149-161.

Kusharyanti. 2003. Temuan Penelitian Mengenai Kualitas Audit Dan Kemungkinan Topik Penelitian Dimasa Datang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Desember). Hal.25-34.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi : Universitas Negeri Semarang

Lastanti, Hexana Sri. 2005. Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik : Refleksi Atas Skandal Keuangan. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi Vol.5 No.1 April 2005. Hal 85-97.

Lauw Tjun Tjun.2012. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas.Skripsi.Universitas Kristen Maranatha Bandung

Maghfirah, Gusti dan Syahril Ali. 2008. Hubungan Skeptisisme Profesional Auditor Dan

Mulyadi. 2002. Auditing, Edisi Keenam, Cetakan Pertama, Jakarta: Salemba Emapt

Munawir, 1995, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat Cetakan Kelima, Liberty Jogya, Yogyakarta

Provinsi Riau. Artikel Penelitian : Universitas Negeri Padang

Pusdiklatwas BPKP, 2005, Kode Etik Standar Audit. Jakarta

Siregar, Silky.2012. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pertimbangan Opini Audit Atas

Situasi Audit, Etika, Pengalaman Serta Keahlian Audit Dengan Ketepatan Pemberian Opini Auditor Oleh Akuntan Publik. Jurnal Universitas Andalas. Sumatera Barat.

Sukriah, Ika. (2009). “Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaanâ€

Sunarto. 2003. Auditing. Edisi Revisi Cetakan Pertama. Penerbit Panduan.Yogyakarta

Suraida, I. 2005. Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan Risiko Audit

terhadap Skeptisisme Sosiohumaniora, Vol. 7 No. 3

Surfeliya Fanny.2014. Professional Influence Skeptisisme, Competention, ,Audit

Situation, Audit Terhadap Ketetapan Pemberian Opini Auditor Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan

Yusuf, P.G.S. 2009. “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Auditâ€. Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Zu’ammah Surroh. 2009. “Independensi dan Kompetensi Auditor Pada Opini Audit, Studi BPKP Jateng), Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 1, No.2, September 2009, pp. 145-154

Sumber Lain :

www.kompas.com

www.tempointeraktif.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1846

Flag Counter    Â