PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI DILAKUKAN PADA PUSKESMAS YANG BERKAITAN DENGAN BPJS DI KOTA BANDUNG)

Fatimah Hayatul Hasanah, Nurleli Nurleli, Epi Fitriah

Abstract


Bagi sebuah perusahaan, meningkatkan kinerja manjerial adalah suatu keharusan karena dapat membantu manajemen dalam melakukan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan serta meningkatkan kemampuan manajer untuk mengetahui atau memahami keadaan lingkungan dan mengidentifikasi aktivitas yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh karakteristik informasi akuntansi manajemen (broadscope, timeliness, aggregation, dan integration) terhadap kinerja manjerial.

Karakteristik informasi akuntansi manajemen terdiri dari 4 indikator yaitu broadscope, timeliness, aggregation, dan integration. Broadscope adalah lingkup yang luas mampu memberikan informasi yang bersifat internal maupun eksternal organisasi. Timeliness adalah informasi yang tersedia ketika dibutuhkan dan sering dilaporkan secara sistematis. Aggregation adalah  ringkasan informasi menurut fungsi, periode waktu, dan model keputusan. Integration adalah  informasi yang mencerminkan adanya koordinasi antara segmen yang satu dengan segmen yang lain. Kinerja manajerial adalah Kinerja individu anggota organisasi dalam kegiatan-­kegiatan manajemen, seperti perencanaan, penyelidikan, koordinasi, evaluasi, pengawasan, pengaturan staff, negoisasi, perwakilan dan kinerja secara keseluruhan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode verifikatif dengan teknik analisis regresi linier berganda.  Sampel penelitian yang digunakan adalah 10 puskesmas induk di wilayah Bandung Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari penelitian lapangan dan perpustakaan serta sumber-sumber lain dari media masa.

Hasil Penelitian ini adalah karakteristik informasi akuntansi manajemen dan kinerja manajerial pada puskesmas di kota bandung sudah baik dan menunjukkan bahwa karakteristik informasi akuntansi manajemen berdasarkan timeliness dan aggregation berpengaruh terhadap kinerja manajerial, sedangkan karakteristik informasi akuntansi manajemen berdasarkan broadscope dan integration tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial.

 


Keywords


broadscope, timeliness, aggregation, integration, dan kinerja manajerial

References


Chenhall dan Morris, 1986. The Impact of Structure, Environment and Interdependence on the Perceived Usefulness of Management Accounting System. Accounting Review.

Chia, 1995. Decentralization, Management Accounting System, MAS Information Characteristics and their Interaction Effects on Managerial Accounting Systems. Journal Accounting Review.

Hammad, Salah A, Ruzita Jusoh and Imam Ghozali. 2012. Decentralization, perceived environmental uncertainty, managerial performance and management accounting system information in Egyptian hospitals. Journal Accounting Review.

Hansiadi. 2002. Sistem Akuntansi Manajemen dan Tingkat Desentralisasi Organisasi : Implikasi Terhadap Kinerja Manajemen, Antisipasi. Vol.6. No 1 tahun 2002.

Mahoney, 1963. Development of Managing Performance: A Research Approach, Cincinnati. OH : South Western.

Maisel, Lawrence S. and American Institute of Certified Public Accountans .2001. Performance Measurement Practices Survey Results. AICPA. Inc.

Nazaruddin, Ietje. 1998. Pengaruh Desentralisasi dan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol 1. No. 2. hal. 141-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1837

Flag Counter    Â