PENGARUH KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP USAHA DAN KEMUDAHAN PEOLEHAN MODAL PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI PADA SENTRA INDUSTRI SEPATU CIBADUYUT BANDUNG)

fika hutami, Nurhayati Nurhayati, Helliana Helliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kualitas informasi keuangan dengan kelangsungan hidup usaha dan seberapa besar pengaruh antara kualitas informasi laporan keuangan dengan kemudahan perolehan modal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Survei dilakukan dengan penelitian ke lapangan ke Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung, dengan memberikan kuesioner peneitian. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan. Dengan melakukan dua kali uji asumsi klasik antara kualitas informasi laporan keuangan dengan kelangsungan usaha dan antara kualitas informasi laporan keuangan dengan kemudahan perolehan modal.


Keywords


kualitas informasi laporan keuangan, kelangsungan hidup usaha, modal

References


Sadeli, M, Lili. 2000. Dasar- dasar laporan Keuangan. Jakarta. Bumi aksara

Standar Akuntansi Keuangan.Ikatan akuntan indonesia. 2012

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta

Wulan dan Nindita . 2009. http://www.slideshare.//

Yulianawati : 2009. Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja terhadap Margin Laba Kotor pada PT telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Tbk Jakarta. Universitas Komputer Indonesia.Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1828

Flag Counter    Â