PENGARUH AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (SURVEY PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PROPER 2011-2012 DI KOTA BANDUNG)

Yanita Putriani, Rini Lestari, Yuni Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besarnyapengaruh akuntansi manajemen lingkungan terhadap kinerja lingkungan perusahaan. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kontribusi perusahaan akan pentingnya melaksanakan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan yang nantinya akan mempengaruhi nilai dan kinerja perusahaan manajemen dan perusahaan diharapkan untuk meningkatkan kinerja lingkungannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan industri di Bandung yaitu 14 perusahaan. Dengan menggunakan teknik sampling purposive dan 1 perusahaan dipending karena kasus diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Akutansi Manajemen Lingkungan dan kinerja lingkungan pada perusahaan-perusahaan industri yang terdaftar di PROPER dalam kategori yang baik. Selain itu akutansi Manajemen Lingkungan mempengaruhi Kinerja Lingkungan pada perusahaan-perusahaan industri yang terdaftar di PROPER.

Keywords


Akuntansi Manajemen Lingkungan, Kinerja Lingkungan, PROPER

References


Aniela, Yoshi. 2012. Peran Akuntansi Lingkungan Dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1, No. 1.

Bennet, M. And P. James. 1997. Environment-Related Management Accounting Current Practice and Future Trends, Greener Management International, Spring 97 (No. 17, pp 32-41, Business Source Premier, 1997).

Cahyono, Budi. 2007. Pengaruh Dorongan Manajemen Lingkungan dan Manajemen Lingkungan Proaktif terhadap Kinerja Lingkungan. Jurnal: Ekonomi dan Manajemen, Volume 8 Unissula Semarang.

Hansen, Don R., Mowen, Maryanne M. 2007. Akuntansi Manajerial. Edisi Ketujuh. Terjemahan. Jilid Satu. Salemba Empat. Jakarta.

IFAC. 2005. International Guidance Document: Environmental Management Accounting. New York, USA.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ja’far, M. Dan D. A. Arifah. 2006. Pengaruh Dorongan Manajemen Lingkungan, Manajemen Lingkungan Proaktif dan Kinerja Lingkungan terhadap Public Environmental Reporting. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Nurniah, D. I. Burhany. 2013. Akuntansi Manajemen Lingkungan, Alat Bantu Untuk Meningkatkan Kinerja Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 17, No. 3: 279-298.

Pflieger, Juli; Matthias Fischer; Thilo Kupfer; Peter Eyerer. 2005. The contribution of life cycle assessment to global sustainability reporting of Organization. Management of Environmental. Vol. 16, No. 2.

Rustika, Novia dan Pratiwi, Andri. 2011. Analisis Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Strategi Terhadap Inovasi Perusahaan. Jurnal: Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

Susi. 2005. The Relationship performance and financial performance among Indonesia Companies. Seminar Nasional Akuntansi VII. Solo. 37-45.

UN DSD (United Nations Division for Sustainable Development). 2001. Environmental Management Accounting Procedures and Principles. United Nations. New York.

United States Environmental Protection Agency [EPA]. 1995. An Introduction to environmental accounting as a business management tool: key concepts and terms. June.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1823

Flag Counter    Â