PENGARUH KODE ETIK, PENGALAMAN KERJA AUDITOR, DAN CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT TERHADAP KUALITAS AUDIT (SURVEY PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP) PERWAKILAN JAWA BARAT)

Nuraeni Pratiwi Hafidzah, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kode etik, pengalaman kerja auditor, dan continuing professional development terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan survey melalui teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar langsung ke BPKP. Dari 80 kuesioner yang disebar, kuesioner yang kembali sebanyak 67 kuesioner dan 65 kuesioner yang dapat diolah dan dianalisis. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kode etik dan pengalaman kerja auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, continuing professional development tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Secara simultan menunjukkan bahwa kode etik, pengalaman kerja auditor, dan continuing professional development berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.


Keywords


Kode Etik, Pengalaman Kerja Auditor, Continuing Professional Development, Kualitas Audit

References


Aisyah, Yana. 2013. Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kualitas Auditor. Universitas Diponegoro. Semarang

Badjuri. Achmad. 2012. Analysis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Pemeriksaan Audit Sektor Publik. Universitas Stikubank. Semarang.

BPK RI. 2014. Penyimpangan Anggaran Naik. (Online). www.bpk.go.id/news/ penyimpangan-anggaran-naik. Jakarta

Juwita, Hafiza Rahma. 2014. Pengaruh Keahlian, Kecermatan Profesional Dan Kepatuhan Pada Kode Etik Terhadap Kualitas Audit. Universitas Negeri Padang. Padang.

Parasayu. Annisa. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Audit. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pebryanto, Setyadi. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal, Pengalaman Kerja, Tingkat Kualifikasi Profesi, Continuing Professional Development Terhadap Kualitas Audit Di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (pusdiklatwas). 2008. Kode Etik dan Standar Audit.

Sari, N.N. 2011. Pengaruh Pengalaman kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas, Kompetensi, dan Etika Terhadap kualitas audit. Universitas Diponegoro. Semarang

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sukriah, Ika. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Universitas Sriwijaya. Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1804

Flag Counter    Â