PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERWALIAN BERBASIS WEB DI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

widi shopia rahmi, magnaz L. Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Perkembangan dunia tek nologi sudah semakin pesat dan merambah keberbagai sisi kehidupan manusia. Perkembangan yang demikian didukung oleh tersedianya perangkat keras maupun perangkat lunak sebagai media data yang semakin hari semakin hebat kemampuannya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut para ilmuwan memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal, salah satunya pemanfaatanakan media informasi, dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dunia internet saat ini.Informasi yang disajikan di dunia internet sudahsangat global dan selalu diusahakan on time sehingga waktu update suatu informasi sangatlah cepat.Universitas Islam Bandung merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan yang terletak di Jl.Tamansari No1.Sistem Informasi Perwalian yang diterapkan saat ini masih bisa dikatakan kurang optimal, dari segi efisiensi waktu proses perwalian serta informasi penjadwalan kurang informatif serta input data yang beresiko kehilangan data atau tidak terinput karena fileing data yang akan di entry kurangbaik. Untuk memperbaiki hal tersebut maka penulis mencoba untuk menganalisis sistem lama dan merancang sistem informasi perwalian yang baru dan diharapkan dapat berguna dan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas operasional akademik Universitas Islam Bandung khususnya pada bidang perwalian tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana prosedur sistem informasi perwalian yang sedang di terapkan di Universitas Islam Bandung.Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisi s sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode FAST (Frame Work For the Application of System Technique)dan teknik pengembangan JAD(Joint application Development)dengan mengikuti tahapan-tahapanSystem life cycle dengan tambahan alat-alat dan teknik yang disediakan untuk memudahkan analis dalam pelaksanaan pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan mendapatkan sistem yang terstruktur dan didefinisikan dengan baik dan jelas.

Di dalam sistem informasi perwalian yang sedang diterapkan di Universitas Islam Bandung terdapat beberapa kekurangan diantaranya tidak adanya laporan dari kegiatan perwalian baik itu dari pihak akademik fakultas atau pun dari pihak dosenwali, tidak terdapatnya efisiensi waktu dimana apabila dosen tidak dapat datang pada jadwal perwalian yang telah ditetapkan maka perwalian tidak dapat dilaksanakan dengan semestinya.

Hasil yang didapatkan dari analisis dan perancangan yang dilakukan yakni sebuah rancangan sistem informasi perwalian yang mampu menunjang kebutuhan operasional yaitu sistem informasi berbasis online. Adapun keunggulan sistem yang dihasilkan yaitu proses perwalian yang dilakukan secara online sehingga dapat mempermudah user dalam hal ini bagian akademik, dosen wali dan mahasiswa dalam kegiatan perwalian.


Keywords


sistem informasi perwalian

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir 2009.Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional, Edisi 1.Yogyakarta Andi

Al-Bahra 2005 bin Ladjamudin. Analisis dan Desain Sistem Infomasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Azhar Susanto . 2005. Sistem Informasi Manajemen : Linggar Jaya

Bodnar, George H dan William S. Hopwood 2006. sistem Infoemasi Akuntansi.edisi6. Jakarta : Salemba Empat.

Hartono, Jogianto. 2005. Analisis dan Desain Informasi.Yogyakarta : Andi.

James A Hall 2007. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : Salemba Empat

Jeffrey L, Whitten, Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Ditman. 2004, System Analysis and Design Methods. edisi 1. Yogyakarta : Andi.

Jogianto H.M 2005. Analisa dan Desain Sistem InformasiEdisi III. Yogyakarta : Andi

Kadir, Abdul 2011. Dasar Perancangan & Implementasi Database Relasional. Yogyakarta : Penertbit Andi

Mulyadi. 2003. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiono. 2000. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,cv

http://ekonomi.unisba.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=52&Itemid=71




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1799

Flag Counter    Â