PENGARUH TENURE AUDIT, UKURAN KAP DAN KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014)

Chintya Ayu Fitriyani, Pupung Purnamasari, Mey Maemunah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh ukuran KAP, tenure audit,dan kompleksitas operasi perusahaan terhadap audit report lag, studi empiris pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2014. Dengan menggunakan variabel ukuran KAP, tenure audit, dan kompleksitas operasi perusahaan. Penelitian ini akan mencari pengaruh secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan sampel sebanyak 32 perusahaan consumer goods selama tahun 2010-2014. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah uji asumsi klasik, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi multiple. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 13 for windows. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa tenure audit berpengaruh negatif terhadap audit report lag, ukuran kap berpengaruh negatif terhadap audit report lag, dan kompleksitas operasi perusahaan berpengaruh positif terhadap audit report lag.Sedangkan secara simultan adanya pengaruh signifikan antara tenure audit ukuran kap, dan kompleksitas operasi perusahaan terhadap audit report lag sebesar 28,0% sedangkan sisanya sebesar 72,0% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Audit report lag, Tenure audit, Ukuran KAP, Kompleksitas operasi perusahaan.

References


Ariani dan A. Yani Ardiati. 2014. Pengaruh Komite Audit, Return On Assets Dan Debt To Total Asset Terhadap Audit Report Lag Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia. E-Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ariyani, Ni Nyoman Trisna Dewi dan I Ketut Budiartha. 2014. Pengaruh ProfitabilitaS, Ukuran Perusahaan, Kompleksitas Operasi Perusahaan Dan Reputasi Kap Terhadap Audit Report Lag Pada Perusahaan Manufaktur. Bali: E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.2: 217-230.

Badan Pengawas Pasar Modal. 2000. Press Release Sanksi Administrasi Atas Keterlambatan Penyampaian Laporan.Keuangan Tahunan Per 31 Desember 1999. Jakarta: Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Darwin. 2012. Analisis Perbedaan Kualitas Audit KAP Big 4 dan KAP Second Tier Dinilai Dari Independensi Auditor, Manjemen Laba, dan Nilai Relevansi Laba. Skripsi: Universitas Indonesia Depok.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Institut Akuntan Publik Indonesia. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhayati, Nunung, Win Konadi, dan Helliana. 2014. Modul Praktikum: Statisik Penelitian Dengan SPSS v.17. Bandung: Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba

Saputri, Oviek Dewi. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay. Skripsi: Universitas Dipenogoro Semarang.

Subekti, Imam dan Novia Wulandari Widyanti. 2004. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay Di Indonesi. Denpasar: Simposium Nasional Akuntansi VII.

Wiguna, Karina Rahayu. 2012. Pengaruh Tenure Audit Terhadap Audit Report Lag Dengan Spesialisasi Industri Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi: Studi Pada Bank Umum Konvesional Di Indonesia Tahun 2008-2010. Skripsi: Universitas Indonesia Depok.

www.media.unpad.ac.id/thesis/120103/2010/120103100076_2_5462.pdf

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1789

Flag Counter    Â