PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN VARIABEL MODERATOR PENGUNGKAPAN INFORMASI LINGKUNGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2013)

fipit fitriani, Nurleli Nurleli, Yuni Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan terhadap profitabilitas dengan variabel moderator pengungkapan informasi lingkungan (studi pada perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2012-2013). Kinerja lingkungan dalam penelitian ini diukur dengan PROPER,  Profitabilitas  diukur dengan return on asset (ROA), sedangkan pengungkapan informasi lingkungan diukur dengan Global Reporting Initiative (GRI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan metode analisis regresi sederhan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan terhadap profitabilitas dan analisis regresi moderasi untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan terhadap profitabilitas dengan variabel moderator pengungkapan pemilihan anggota sample dengan kriteria tertentu. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan Makanan dan Minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2013 dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan Makanan dan Minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2013. Untuk penelitian yang akan datang sebaiknya dapat menambahkan beberapa variabel yang dapat

informasi lingkungan. Teknik analisi data dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21.0. Pada penelitian ini sampel yang diambil adalah perusahaan manufaktur sector industry dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indnesia yang mengikuti PROPER periode 2012-2013 dan memiliki laba lebih dari 1 milyar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sementara itu, hasil hipotesis kedua mengindikasikan bahwa pengaungkapan informasi lingkungan tidak memoderasi pengaruh kinerja lingkungan dengan profitabilitas.


Keywords


Kinerja Lingkungan, Profitabilitas, Pengungkapan Informasi Lingkungan

References


Al-Tuwaijri, S.A., Christensen, T.E. dan Hughes II, K.E. 2004. “The Relations among environmental disclosure, environmental performance, and economic performance: a simultaneous equations approachâ€. Accounting, Organizations and Society. Vol. 29. pp.447-471.

Chariri dan Imam Gozali. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Ketiga. Semarang:

Universitas Diponegoro.

Chariri. 2008. Teori Akuntansi. Semarang : Universitas Diponegoro

Deegan, C. 2004. Financial Accounting Theory. McGraw-Hill Book Company. Sydney.

Hanafi, Mamduh M dan Halim, Abdul. 2009, “Analisis Laporan Keuanganâ€, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Rahmawati, Ala. 2012. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan CSR sebagai Variabel Intervening. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Saidi. (2004). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ 1997-2002. Jurnal Bisnis dan Ekonomi vol.11 no.1, hal. 44-58.

Sarumpaet, Susi. 2005. The Relationship Between Environmental Performance and Financial Performance of Indonesian Companies. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, voleme 7, no. 2 : 89 – 98.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suratno, Ignatius Bondan, dkk. 2006. Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004).JRAI Vol.10, No.2, Hal 199-214.

Web:

www.globalreporting.org

www.idx.co.id

www.menhl.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1771

Flag Counter    Â