ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK PEMERINTAH DENGAN MENGGUNAKAN RASIO LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS (STUDI PADA BANK BRI, BANK BNI, DAN BANK MANDIRI)

Ika Purnamadewi, Edi Sukarmanto, Diamonalisa Sofiyanty

Abstract


Kinerja keuangan memberikan gambaran mengenai kualitas suatu bank. Apabila semakin baik suatu perbankan memperoleh laba maka kinerja keuangannya semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan pada Bank BRI, BNI dan Mandiri dilihat dari tingkat likuiditas  (quick ratio dan LDR) dan rentabilitas (BOPO dan ROA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder bersifat kuantitatif. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan Bank BRI, BNI dan Mandiri yang telah diaudit dan telah dipublikasikan pada tahun 2010-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Pemerintah yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 4 bank. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh 3 bank yaitu Bank BRI, BNI dan Mandiri. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji one way ANOVA dengan menggunakan uji (F) secara simultan dan juga uji (t) secara parsial. Hasil uji statistik disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan Bank BRI, BNI dan Mandiri berdasarkan rasio likuiditas Quick Ratio dan LDR, sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan BRI, BNI dan Mandiri berdasarkan rasio rentabilitas BOPO dan ROA.



Keywords


Kinerja keuangan, Likuiditas, Rentabilitas

References


Prastiyaningtyas,Fitriani.2010.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan. Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Kasmir.2012. . “ Analisis Laporan Keuanganâ€. Jakarta: PT Rajawali Persada

______.2011. . “ Analisis Laporan Keuanganâ€. Jakarta: PT Rajawali Persada

Riyanto, Drs. Bambang.1984.â€Buku Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaanâ€. Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada

http://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/03/pengertian-kinerja-keuangan-menurut.html

www.idx.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1762

Flag Counter    Â