Analisis Penerapan Total Quality Management dan Sistem Pengendalian Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Manajerial

Sisca Gita Fitriai, Epi Fitriah, Rini Lestari

Abstract


Abstract. The current corporate competition requires companies to have the ability to survive in the business world, so that internal and external factors become an important part of making improvements. Managers have an important role in helping companies to achieve their goals. TQM is a concept in maximizing competitiveness through continuous improvement and involves all levels of organization. Management control system is an activity of observing, monitoring and monitoring the running of an organization to assist management in making decisions. The purpose of this study was to determine the application of Total Quality Management, the application of management control systems, managerial performance, Total Quality Management analysis in improving managerial performance and analysis of management control systems on managerial performance at LPKL PDAM Tirtawening.This study uses descriptive methods and case studies and uses a quantitative approach implemented at LPKL PDAM Tirtawening, while the data sources used are primary data sources with data collection techniques, namely questionnaires. Determination of respondents in filling out the research questionnaire was chosen based on the number of Managers / Section Heads and employees in LPKL PDAM Tirtawening as many as 23 respondents. Total Quality Management, management control systems and managerial performance that have been implemented in LPKL PDAM Tirtawening has been going well, so that Total Quality Management can improve managerial performance and management control systems can improve managerial performance at LPKL PDAM Tirtawening. 

Keywords: Application Total Quality Management, Application Management Control System, Managerial Performance.


Abstrak.Persaingan perusahaan yang terjadi saat ini mengharuskan perusahaan-perusahaan mempunyai kemampuan untuk bertahan di dunia bisnis, sehingga faktor internal dan eksternal menjadi bagian yang penting dalam melakukan perbaikan. Manajer mempunyai peran penting dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. TQM merupakan suatu konsep dalam memaksimumkan daya saing melalui perbaikan terus-menerus serta melibatkan seluruh tingkatan oraganisasi. Sistem pengendalian manajemen merupakan kegiatan mengamati, mengawasi dan memonitor jalannya suatu organisasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Total Quality Management, penerapan sistem pengendalian manajemen, kinerja manajerial, analisis Total Quality Management dalam meningkatkan kinerja manajerial dan analisis sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial pada LPKL PDAM Tirtawening.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan studi kasus serta menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di LPKL PDAM Tirtawening, adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Penentuan responden dalam mengisi kuisioner penelitian ini dipilih berdasarkan jumlah Manajer/Kepala Bagian dan karyawan yang ada di LPKL PDAM Tirtawening sebanyak 23 orang responden. Total Quality Management, sistem pengendalian manajemen dan kinerja manajerial  yang telah diterapkan di LPKL PDAM Tirtawening sudah berjalan dengan baik,  sehingga Total Quality Management dapat meningkatkan kinerja manajerial dan sistem pengendalian manajemen dapat meningkatkan kinerja manajerial di LPKL PDAM Tirtawening.

Kata Kunci : Penerapan Total Quality Management, Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Manajerial.


Keywords


Penerapan Total Quality Management, Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Manajerial.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Fathoni. 2006. Metodologi

Penelitian dan Teknik Penyususnan

Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta

Angelos, Pantouvakis and Psomas, Evangelos. 2015. Exploring Total Quality Management Applications Under Uncertainty: A research agenda for the shipping industry.

Journal of Maritime Economics & Logistics. London.

Anthony, Dearden dan Bedford. (1992).

Management Control System, 6th.

Richard D. Irwin, Inc.

Anthony, R. N. & V. Govindarajan. 2005.

Sistem Pengendalian Manajemen.

Terjemahan. Terjemahan F.X. Kurniawan Tjakrawala. Jakarta: Salemba Empat.

_________________________________.

Management Control System, 12th Edition. New York: McGraw-Hill.

_________________________________.

Sistem Pengendalian

Manajemen Jilid 1.Jakarta: Salemba Empat.

Blocher. Chen dan Lin. (2000). Manajemen Biaya. Terjemahan oleh Susty

Ambarriani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Dewi, Intan Ratna. 2013. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) , Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) terhadap Kinerja Manajerial.

Durendez. Guijarr and Perez-de-Lema.

Innovative Culture,

Management Control Systems and

Performance in Small and Medium-

Sized Spanish Family Firms

Eldridge. Iwaarden, Wiele and Williams.

Management Control Systems

For Business Processes in Uncertain

Environments. International Journal

of Quality & Reliability

Management. From General

OneFile.

Sekaran & Bougie. (2013). Edisi 5,

Research Methods for Business: A

skill Building Approach. New York:

John wiley@Sons.

Goetsch, D.L & Davis, S, 1994.

Introduction to Total Quality,

Quality, Productivity,

Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc

Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Buku 1 edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Hasibuan, M. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hessel, Nogi S. Tangkilisan. (2003). Manajemen Modern untuk Sektor Publik. Yogyakarta: Balirung Co.

Hummour. Athamneh and Al-Balas. 2018. Total Quality Management Practices and Their Effect on Jordanian Municipalities. International Journal

of Business and Public

Administration

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian.

Jakarta : Salemba Empat

Junqueira. Dutra. Filho and Gonzaga.

The effect of strategic choices

and management control systems on

organizational performance. Revista

Contabilidade & Financas. Journal

of Gale Business and Economics

Collection 2019.

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi

Penelitian. Malang: UIN-Malang

Pers.

Mangkuprawira. 2011. Manajemen Sumber

Daya Manusia Strategik. Bogor:

Ghalia

Indonesia.

Meidiyana. Rutiyaningsih dan Immanuela. 2014. Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja

Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) Sebagai Variabel Moderating pada PT INKA (Persero) Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi

Milica and Milos. 2013. Perfomance

Management and Employee Satisfaction.

Mulyadi, dan Johny Setiawan, 1999. Corporate Culture And Performance,

Dampak Budaya Perusahaan terhadap Kinerja. Prenhallindo. Jakarta.

_______________________. 2001. Sistem

Perencanaan dan Pengendalia Manajemen: Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan, Edisi 2. Jakarta Salemba Empat.

_______________________. 2007. Sistem

Perencanaan dan Pengendalian

Manajemen. Salemba. Empat.

Jakarta.

Mulyana, Deddy, M.A., Ph.D. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rosda.

Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Narsa, I Made dan Rani Dwi Yuniawati. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem

Penghargaan terhadap Kinerja

Manajerial. Jurnal Ekonomi Akuntansi.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi kedua. Bogor. Ghalia Indonesia

______. (2010). Berbagai Pendekatan

dalam Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.

_______. 2015. Manajemen Mutu

Terpadu. 2015. Bogor. Ghalia Indonesia.

Nazir.Mohammad,Ph.D.(2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia Nuraisah, Triamelia Erlina. 2015. Pengaruh

Penerapan Total Quality

Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada perusahaan sepatu CV. Dheraya).

Permatasari, Indah. 2016. Pengaruh Total Quality Management dan Budaya

Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada Industri Pesawat Terbang PT Dirgantara Indonesia)

Rivai, Veithzal dan Sagala Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rahmad, Lestari, Fitriah. 2015-2016.

Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kinerja Manajerial.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods

For Business (Metode Penelitian

Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba

Empat.

Seng, Ratny. Arshad and Arif

Mohammad; Gaoliang, Tian. 2018.

Studying the Relationship of “Soft”

and “Hard” Total Quality Management Elements with Service Quality in Service Firms. The Journal of Developing Areas. Nashville.

Simamora, Henry. 2012. Akuntansi

Manajemen, Edisi Ketiga. Riau: Star

Gate Publisher.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. PT. Indeks. Jakarta Barat.

Sunaryo, Karsam. 2018. Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Disfungsional. Cergas Publika. Bogor.

Stoner A. F. J & Freeman, E. 1992.

Management. London: Prentice Hall

International

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuwono, Sony.dkk. 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard: Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




Flag Counter