Perancangan Sistem Informasi Cabang PT.Pegadaian

Gita Tresna Fuzianti, Magnaz Lestira Oktaroza, Elly Halimatusadiah

Abstract


Abstrak.PT.Pegadaian  merupakan salah  satu  lembaga formal di Indonesia yang berdasarkan hukum diperbolehkan melakukan pembiayaan dengan bentuk penyaluran kredit atas dasar hukum gadai. PT.Pegadaian memiliki 4.546  cabang yang tersebar di Indonesia untuk membantu pelayanan masyarakat. Salah satunya adalah PT.Pegadaian Cabang Ciranjang. Namun, hasil dari analisis yang telah dilakukan pada PT.Pegadaian Cabang Ciranjang menunjukkan Sistem Informasi Pengelolaan belum optimal. SOP yang ada kurang jelas, pencatatan transaksi dilakukan secara manual dan kurang lengkapnya dokumen pendukung. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pengembangan model Sistem Informasi Pengelolaan yang sesuai untuk digunakan di PT.Pegadaian Cabang Ciranjang. Metode pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode FAST ( Framework for the Application of System Technique) serta mengikuti tahap System Development, dan menggunakan teknik pengumpulan data JAD (Joint Application Development), dengan menambahkan alat-alat dan teknik untuk memudahkan penulis dalam melakukan pengembangan sistem, sehingga dapat mendapatkan hasil akhir Sistem Informasi yang stukturnya didefinisikan dengan jelas dan baik yang dibutuhkan oleh PT.Pegadaian Cabang Ciranjang dalam semua aktivitasnya. Adapun kelebihan sistem yang dirancang  adalah dokumen-dokumen yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta dibuatkan konsep database yang membantu seluruh kegiatan PT.Pegadaian Cabang Ciranjang dan menghasilkan output yang dibutuhkan.


Keywords


Perancangan Sistem Informasi, PT.Pegadaian

Full Text:

PDF

References


Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi Cetakan 1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Romney, Marshall B dan Paul John Steinbart. 2006. Sistem Informasi Akuntansi.

Jakarta: Salemba Empat.

O’Brien, James A & George M Marakas. 2014. Management Information Systems 10 Edition. New York.: McGraw-Hill Irwin.

Erik, Yan. 2017. sistem informasi pelelangan barang gadai menggunakan metode prototype berbasis web pada PT.Pegadaian. Artikel Penelitian- UIN Raden Fatah Palembang.

Melati,Putri Mekar.2016. sistem pengajuan dan pengambilan barang kantong gadai kredit cepat aman (KCA) di PT.Pegadaian Cabang Gading. Artikel Penelitian- Universitas Sebelas Maret Sukarta.

BPS.2018. Prekonomian Indonesia triwulan 1-2018, tersedia di www.bps.go.id [25/10/2018].




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17275

Flag Counter    Â