PENGARUH DESENTRASISASI FISKAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL

Muhammad Miftah Falah, Sri Fadilah, Edi Sukarmanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh desentralisasi fiskal dan kinerja keuangan yang diukur dengan derajat desentralisasi dan rasio kemandirian terhadap alokasi belanja modal pada Kabupaten/kota periode 2013-2014.Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi BPS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian asumsi klasik meliputi normalitas data, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan pengujian asumsi tidak ditemukan variabel yang menyimpang pada dua variabel bebas, yakni Desentralisasi Fiskal dan Kinerja Keuangan. Hal ini menunjukkan data telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Desentralisasi Fiskal tidak menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Alokasi Belanja Modal, variabel Rasio Kemandirian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Alokasi Belanja Modal, sedangkan variabel Desentralisasi Fiskal dan Rasio Kemandirian berpengaruh terhadap alokasi belanja modal secara simultan.


Keywords


Desentralisasi Fiskal, Kinerja Keuangan, Alokasi Belanja Modal

References


Ansar, Fajrin Hairul. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Laporan Realisasi Anggaran Pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2009. Bandung. Universitas Komputer Indonesia

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik; Akuntansi Keuangan Daerah, Salemba Empat, Jakarta.

M.P Hasugian, Andros.2006. Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Kinerja Keuangan Daerah dan Kemiskinan di Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Barat. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. ALFABETA : Bandung.

Sularso, Havid dan Yanuar E. Restianto. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Alokasi Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/kota di Jawa Tengah. Purwokerto.Universitas Jenderal Soedirman

Zulkifli, Muh. 2013. Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Alokasi Belanja Modal Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Makasar. Universitas Hasanuddin.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1722

Flag Counter    Â