PENGARUH AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK

Risa Aldilah, Yuni Rosdiana, Rini Lestari

Abstract


Di era ekonomi modern seperti saat ini, adanya berbagai isu yang berkaitan dengan lingkungan seperti global warming. Kegiatan industri memberi dampak langsung terhadap lingkungan sekitarnya telah menciptakan perubahan dalam lingkungan perusahaan baik internal, maupun eksternal. Perlu disadari bahwa pentingnya akuntansi manajemen lingkungan dalam menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan akuntansi manajemen lingkungan di perusahaan manufaktur, (2) untuk mengetahui inovasi perusahaan pada perusahaan manufaktur, (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk di perusahaan manufaktur.

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kuantitatif dengan pendekatan survei pada 10 perusahaan manufaktur yang berada di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan kuesioner dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana.

Hasil dan pembahasan dari penelitian ini yaitu (1) penerapan akuntansi manajemen lingkungan di perusahaan manufaktur tergolong baik, (2) inovasi produk pada perusahaan manufaktur tergolong baik, (3) akuntansi manajemen lingkungan memiliki berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk di perusahaan manufaktur.


Keywords


Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Inovasi Produk

References


Bisbe, J. and Otley, D. 2004. The Effects Of The Interactive Use Of ManagementControl System On Product Innovation. Accounting, Auditing, Organizations and Society, Vol. 29 pp 709-790.

Hansen, Dor. R dan Mowen, Maryanne M. 2011. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Ikhsan, A. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Edisi Pertama. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Lukas, B.A & Ferrel, O.C. 2000. The Effect Of Market Orientation On Product Innovation. Journal Of Academy Of Marketing Scence, 28(2): 239-247.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1639

Flag Counter    Â