Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Organisasi terhadap Opini Audit (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Ahmad Faiq Al finnany, Edi Sukarmanto, Pupung Purnamasari

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of emotional intelligence and organizational culture on audit opinions. This research was conducted at auditors at the Public Accounting Firm (KAP) of Bandung City with a sample of 35 auditors. This study uses descriptive analysis method with a quantitative approach that is based on the results of respondents' responses regarding emotional intelligence, organizational culture and audit opinion. The data source used is the primary data source. The data collection technique used was a questionnaire. Testing the hypothesis used is a multiple linear regression analysis method. The results of this study indicate that emotional intelligence does not affect audit opinion and organizational culture has a significant effect on audit opinion. Suggestions for further research to be able to develop research by adding other variables not discussed in this study, and expanding and adding to the object under study using different respondents

Keywords: Emotional Intelligence, Culture Organization, Audit Opinion

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap opini audit. Penelitian ini dilakukan pada auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) Kota Bandung dengan sampel berjumlah 35 auditor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersumber pada hasil tanggapan responden mengenai kecerdasan emosional, budaya organisasi dan opini audit. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.  Pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap opini audit dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap opini audit. Saran penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini, dan memperluas serta menambah objek yang diteliti dengan menggunakan responden yang berbeda.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Budaya Organisasi, Opini Audit


Keywords


Kecerdasan Emosional, Budaya Organisasi, Opini Audit

Full Text:

PDF

References


Arens, A., Mark S. Beasley and Randal J. Elder. 2008. Auditing dan Jasa Assurance. (Alih bahasa: Herman Wibowo). Jakarta: Salemba Empat.

Goleman, D. 2006. Emotional intelligence: mengapa emotional intelligence lebih penting dari intelligence quotient, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Salovey, P & Mayer, J D. 1999. Emotional InteligenceD. Jakarta : PT. Gramedia.

Schein, E.H. 1997. Organizational Culture and Leadership.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarmizi, Rosmiaty., Gilang Suryo Dewantoro dan Suwandi. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Auditor Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Wilayah Lampung (Study Kasus Di Kantor Bpk Wilayah Lampung). Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 3, No.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16025

Flag Counter    Â