PENGARUH INSENTIF KERJA, PERSEPSI ETIS, DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP AUDIT JUDGMENT (SURVEY PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG)

siti amelia operasianti, Hendra Gunawan, Mey Maemunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah seorang auditor dalam pengambilan judgment dipengaruhi oleh insentif kerja, persepsi etis dan skeptisme profesional. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran tentang dinamika yang terjadi dalam Kantor Akuntan Publik khususnya auditor dalam membuat audit judgment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah para auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang ada di Kota Bandung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah convenience sampling method. Alat uji analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa insentif kerja, persepsi etis dan skeptisme profesional memiliki pengaruh siginifikan terhadap audit judgement. Sehingga semua hipotesis diterima.


Keywords


Audit Judgemnt, Insentif Kerja, Persepsi Etis, Skeptisme Profesional

References


Alvin A,Arens., Randal J.Elder. Mark S Brasley. 2008. Auditing dan Jasa Assurance, Pendekatan Terintegrasi. Edisi Keduabelas Jilid I. Jakarta. Erlangga.

Amrizal. 2014. Analisis Pelanggaran Kode Etik Profesi Akuntan Publik di indonesia. Jurnal Liquidit Vol. 3 No.1, Januari-Juni 2014, hlm 36-43.

Anton. 2012. Analisis Persepsi Akuntan Publik dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia (Studi Kasus Pada Beberapa Universitas Serta Beberapa Kantor Akuntan Publik Semarang).

Arifuddin, et. al. 2002. Hubungan antara Judgment Audit dengan Resiko dan Materialitas. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 4 : 103-117.

Daljono dan Seni Fitriani Idris. 2012 . Pengaruh Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Pengetahuan dan Persepsi Etis terhadap Audit Judgment. Diponegoro Journal of Accounting Volume 1 No. 1 Tahun 2012.

Hardjana, Agus M. 2005. Komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Yogjakarta. Kanisius.

Irwanti, Ajeng Nurdiyani dan Wahyu Meiranto. 2011. Pengaruh Gender dan tekanan Ketaatan terhadap audit judgment, kompleksitas tugas sebagai variabel moderating.

Jamilah , Siti, Fanani , Zaenal Dan Chandrarin, Grahita. 2007., Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. Simposium Nasional Akuntansi X.

Larimbi. Dessy, Subroto. Bambang dan Rosidi. 2013. Pengaruh Faktor-Faktor Personal Terhadap Skeptisme Profesional Auditor. Jurnal ekonomi dan Keuangan Volume 17 No.1.

Laudon Kenneth C dan Laudong Jane. P. 2007. Sistem Informas Manejemen. Jakarta. Salemba Empat.

Mulyadi. 2002 . Auditing I : Edisi Enam, Salemba Empat, Jakarta.

Rai, I Gusti Agung. 2008. Audit Kinerja pad Sektor Publik. Jakarta. Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sirait, Justien T. Memahami Apek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Grasindo.

Zulaikha., 2006. Pengaruh Interaksi Gender, Kompleksitas Tugas Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Sebuah Kajian Eksperimental Dalam Audit Saldo Akun Persediaan). Simposium Nasional Akuntansi IX.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1554

Flag Counter    Â