Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Auditor

Rhomi Prayoga Afendra Yusuf, Edi Sukarmanto, Pupung Purnamasari

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of spiritual intelligence, intellectual intelligence and work experience on auditor performance. This research was conducted at the Public Accountant Office (KAP) in Bandung City. provided that the respondents selected only auditors who work at least two years, while the sample in this study amounted to 33 auditors. This study uses descriptive analysis method with a quantitative approach that originates from the results of respondents' responses regarding spiritual intelligence, intellectual intelligence and work experience on auditor performance. The data source used is the primary data source. Data collection techniques used are questionnaires. Testing the hypothesis used is a method of multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that spiritual intelligence, intellectual intelligence and work experience have a significant effect on auditor performance. For further research, researchers suggest that they can develop research by adding other variables that were not discussed in this study. In addition, the next researcher is expected to expand and add to the object under study by using different respondents.

 

Keywords: Spiritual Intelligence, Intellectual Intelligence, Work Experience, Auditor Performance

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan pengalaman kerja terhadap kinerja auditor. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung. dengan ketentuan bahwa responden yang dipilih hanya auditor yang bekerja minimal dua tahun, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 auditor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersumber pada hasil tanggapan responden mengenai kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan pengalaman kerja terhadap kinerja auditor. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.  Pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan pengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor. Bagi penelitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selain itu juga peneliti selanjutnya diharapkan memperluas dan menambah objek yang diteliti dengan menggunakan responden yang berbeda.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kinerja auditor, Pengalaman Kerja


Keywords


Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kinerja auditor, Pengalaman Kerja

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A. Randal J. Elder dan Mark S. Beasley. 2014. Auditing dan Jasa Assurance (terjemahan) Edisi kelimabelas. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Joseph, G. 1978. Interpreting Psychological Test Data, Vol.1. New York VNR

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Novanda Friska Bayu Aji Kusuma. 2012. Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Skripsi .Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari. (2005). Pengaruh Pengalaman Kerja terhadap Hubungan Partisipasi dengan Efektivitas Sistem Informasi. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan. Vol.1 No.3.

Winkel, WS. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Heider, Fritz. 1958. ThePpsychology of Interpersonal Relations. New York: Wiley.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13367

Flag Counter    Â