Pengaruh Pemahaman Tindak Pidana Korupsi dan Pemahaman Penghindaran Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara)

Siti Samidah, Sri Fadilah, Kania Nurchalisoh

Abstract


Abstract. In various parts of the world, corruption always gets more attention than other crimes. This phenomenon is understandable given the negative impact caused by this crime.This research aims to determine the effect of corruption and Understanding Tax Avoidance on individual taxpayer compliance. This research uses descriptive and verificative research methods with a quantitative approach. The data source used in the primary data source. Data collection used was to provide questionnaires directly to 50 respondents. The sampling technicue in the study probability sampling with the type of simple random sampling. In the study using multiple linear regression analysis method. R square value in the study is 60,4%, that’s mean the great relationship beetwin variables of corruption, Understanding Tax Avoidance and WPOP compliance are strong. 39,6 % is the influence of others variables that are not observed. The conclusions of this study based on test f, show that’s the independent variable influences simultaneously on dependent variable, that’s mean any changes that of occur in the independent varibles, namely corruptions and collective Understanding Tax Avoidance will affect the compliance of individual taxpayers (WPOP). Suggestions are given to government and tax authorithies to resolve cases of corruption and Understanding Tax Avoidance.

Keywords: Corruption, Tax Avoidance, Tax Compliance.

Abstrak. Di berbagai belahan dunia, korupsi selalu mendapatkan perhatian yang lebih dibandingkan dengan tindak pidana lainnya. Fenomena ini dapat dimaklumi mengingat dampak negatif yang ditimbulkan oleh tindak pidana ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman tindak pidana korupsi dan pemahaman penghindaran pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan kuisioner secara langsung kepada 50 responden. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dalam penelitian ini menggunkan metode analisis regresi linier berganda. Nilai R square dalam penelitian ini adalah 60,4%, artinya besar hubungan antara variabel pemahaman tindak pidana korupsi, Pemahaman Penghindaran Pajak dan kepatuhan WPOP adalah kuat. Dan sisanya 39,6% adalah pengaruh variable lain yang tidak di amati. Kesimpulan dari penelitian ini didasarkan pada uji f, yang menunjukan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Artinya, setiap perubahan yang terjadi pada variabel independen  yaitu Pemahaman Tindak Pidana Korupsi dan Pemahaman Penghindaran Pajak secara Bersama-sama akan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak orang pribadi (WPOP). Saran di berikan kepada pemerintah dan otoritas perpajakan untuk menyelesaikan kasus korupsi dan Pemahaman Penghindaran Pajak.

Kata Kunci: Korupsi, Pemahaman Penghindaran Pajak, Kepatuhan Pajak.


Keywords


Korupsi, Pemahaman Penghindaran Pajak, Kepatuhan Pajak

Full Text:

PDF

References


Anastasia, Diana dan Lilis Setiawati. 2010. Perpajakan Indonesia “Konsep, Aplikasi dan Penentuan Praktisâ€. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Effendy, Marwan. 2013. Korupsi dan Strategi Nasional Pencegahan Serta Pemberantasannya. Jakarta Selatan: REFERENSI.

Fauzan, 2017. Tingkat Kepatuhan Bayar Pajak di Bandung Baru 48%, tersedia di www.koran-sindo.com [14/03/2017]

Ferdiansyah, 2016. Prosedur yang Rumit Jadi Pemicu Orang RI Malas Bayar Pajak, tersedia di http://bisnis.liputan6.com [15/11/2017]

Norman D, Nowak, Mohammad Zain. 2007. Manajemen Perpajakan. Jakarta: Salemba empat

Nurmantu Safri, Chaizi Nasucha, dalam Sony Devano dan Siti Kurnia Rahayu. 2006. Perpajakan, Konsep, Teori dan Isu. Bandung: Kencana

Priantara, Diaz. 2010. KUPAS TUNTAS “pengawasan, pemeriksaan, dan penyelidikan pajakâ€. Jakarta: PT Indeks

Simanjuntak, Timbul Hamonangan dan Imam Mukhlis. 2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Raih Asa Sukses

Sri Fadilah, dan Diamonalisa Sofianty, 2016, Pengaruh Tax Planning dan Beban

Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba, Jurnal Universitas Islam

Bandung, Diakses 05 Agustus 2018, dari http://sinta 2.ristekdikti.go.id

Syamsuddin, Aziz. 2011. Tindak Pidana Khusus Jakarta: Sinar Grafika

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 1 ayat 1, pasal 2 ayat 1.

Yunara, Edi. 2005. Korupsi dan Pertanggungjawaban Pidana Korporasi berikut Studi Kasus. Bandung: PT Citra Aditya Bakti




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13298

Flag Counter    Â