Pengaruh Audit Operasional dan Transparansi terhadap Kinerja Pelayanan

Yuli Puspitasari, Edi Sukarmanto, Pupung Purnamasari

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of operational audit on the service performance and the influence of the of transparency on the service performance. This research took place in PT Telekomunikasi Indonesia Witel West Bandung and Witel Sukabumi. The research method of this study is empirical study with research type verifikatif survey. Sampling was determined by Nonprobability Purposive sampling technique, with a sample size of 95 respondents. Data analysis technique used multiple linear regression analysis using SPSS version 23. The result of the research indicate that operational audit have an effect on to effectiveness of service performance and transparency principle influence to service performance effectiveness. Operational audits can help assess the effectiveness of operational activities to achieve company goals. And the principle of transparency can improve information disclosure that will affect performance. Suggestions for future researchers are expected not to fixate on the three variables that exist in this study but can add the supporting variables on service performance in service companies as an effective operational activities such as by using internal control.

 

Keywords: Operational audit, transparency principle, service performance effectiveness

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit operasional terhadap kinerja pelayanan dan pengaruh transparansi terhadap kinerja pelayanan. Penelitian ini bertempat di PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bandung Barat dan Witel Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi empiris dengan jenis penelitian verifikatif survey. Pengambilan sampel yang ditentukan dengan teknik Nonprobabilitas Purposive sampling, dengan jumlah sampel 95 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit operasional berpengaruh terhadap kinerja pelayanan dan transparansi berpengaruh terhadap kinerja pelayanan. Audit operasional dapat membantu menilai efektivitas kegiatan operasional untuk mencapai tujuan perusahaan. Dan transparansi dapat meningkatkan keterbukaan mengenai informasi yang akan mempengaruhi kinerja. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan tidak terpaku pada tiga variable yang ada dalam penelitian ini namun dapat menambahkan variabel yang mendukung terhadap kinerja pelayanan pada perusahaan jasa sebagai kegiatan operasionalnya yang efektif seperti dengan menggunakan variabel pengendalian internal.

 

Kata Kunci : Audit Opersional, Transparansi, Kinerja Pelayanan

 


Keywords


Audit Opersional, Transparansi, Kinerja Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Andani, A.V & Riduwan, A. 2015. Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Kinerja Pegawai dalam Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol.4 No.10. Hal: 1

Arvianita, Rezky Retno. 2015. Pengaruh Audit Operasional dan Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Queen Latifa Yogyakarta). Skripsi.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Hal:101-102.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Bayangkara, IBK. 2008. Audit Manajemen dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Boynton, Johnson, Kell, 2003. Modern Auditing. Terjemahan Rajoe, P.A., Gania, G., & Budi, I.S. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2016. Good Corporate Governance: Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Irwansyah, Risman. 2015. Pengaruh Audit Operasional Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT Telkom Witel Jabar Selatan). Skripsi. Bandung: Universitas Kristen Maranatha. Hal: 59

Kirom, Bahrul. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Koordinator Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi. Telkom IndiHome Dinilai Tidak Transparan soal Tagihan, tersedia di https://techno.okezone.com/read/2016/06/16/207/1417226/telkom-indihome-dinilai-tidak-transparan-soal-tagihan#lastread [16/6/2017].

Kurniati, Yulia. 2008. Analisis Pengaruh Pelaksanaan Good Corporate Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Pemberian Kredit (Studi Kasus: PT Bank Lampung, Lampung). Skripsi. Bogor: Penerbit Institut Pertanian Bogor. Hal: 66

Larasati, Maya. 2014. Penerapan Prinsip Transparansi Dalam Good Corporate Governance (GCG) Pada Program Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung. Hal: 39

Lestari, Sri Aisyah. 2017. Pengaruh Pelaksana Audit Operasional dan Pelaksana Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Haji Medan). Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hal: 84

Mertha. Mohon Perbaikan Layanan Internet dan Telepon yang bermasalah, tersedia di https://news.detik.com/suara-pembaca/d-3639396/mohon-perbaikan-layanan-internet-dan-telepon-yang-bermasalah [12/9/2017].

Mutamimah & Phradiansah. 2014. Analisis Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja SDM Melalui Organizational Commitment dalam Jurnal EKOBIS, Vol.15, No.2. Hal: 62.

Nurfarahin, Diena. 2013. Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Pelayanan Penyambungan Baru Daya Listrik di Kota Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama. Hal: i

Septianingsih, Ella Dwi & Purnamasari, Pupung & Gunawan, Hendra. 2015. Pengaruh Audit Operasional dan Good Clinical Governance terhadap Efektivitas Pelayan Kesehatan JKN/BPJS. Prosiding Akuntansi. Bandung: Universitas Islam Bandung. Hal: 374.

Sosiady, Mulia & Ermansyah. 2015. Pengaruh Audit Operasional Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efesiensi Pelayanan Kesehatan Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Selasih Kabupaten Pelalawan. Jurnal Al Iqtishad,Edisi 11 Volume II. Hal: 109

Sutedi, Adrian. 2011. Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Tunggal, Amin Widjaja. 2012. Pedoman Pokok Operational Auditing. Jakarta: Harvarindo.

Widodo, Joko, 2001. Good Governance Telaah dari Dimensi: Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Insan Cendekia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13279

Flag Counter    Â