Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) terhadap Tingkat Profitabilitas (Studi pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2016)

Shafira Rachma Septini, Yuni Rosdiana, Epi Fitriah

Abstract


ABSTRACT. Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of sustainable development with the company responsible for the social, economic, and environmental companies as a result of operational activities of the company. There are some companies that have difficulty in achieving good profitability. With the disclosure of CSR, the company's operations can run smoothly, other than as a company event in promoting the company. The purpose of this study are to examine CSR disclosure of the High Proile companies on BEI, to examine the profitability rate of the companies on BEI, and to analyze the effect between CSR disclosure and profitability rate of the High Profle companies on BEI which is measured using ROA. The research method that used was descriptive verification with quantitative approach. Analysis of data using simple linear regression analysis. Data collection techniques used are literature search techniques. A method of sampling using purposive sampling sample. The study found that CSR disclosure in High Profile companies in bei in 2014-2015 has an average increase, while in 2016 the average decreased. Similarly, the rate of profitability measured by ROA as a whole experiencing fluctuations. The results of this study, there are significant influence variables the disclosure of CSRcompany to profitability

Keywords: CSR Disclosure, Profitability Rate, ROA

ABSTRAK. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk pembangunan keberlanjutan perusahaan dengan bertanggungjawab terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mencapai profitabilitas yang baik. Dengan pengungkapan CSR, operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar, selain itu sebagai ajang perusahaan dalam mempromosikan perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengungkapan csr, tingkat profitabilitas dan pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan High Profile terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelusuran literatur. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan alat uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR pada perusahaan High Profile di BEI tahun 2014-2015 rata-rata mengalami peningkatan, sedangkan di tahun 2016 rata-rata mengalami penurunan. Begitu pula dengan tingkat profitabilitas yang diukur menggunakan ROA secara keseluruhan mengalami fluktuasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas.

Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA


Keywords


Pengungkapan CSR, Tingkat Profitabilitas, ROA

Full Text:

PDF

References


Ang, Robert. 2007. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide to Indonesian Capital Market). Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Agus Sartono. 1998. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPF

Ayuna, Nisya Nur. 2008. Praktik Pengungkapan Sosial Pada Laporan Tahunan Perusahaan Di Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Barbara Gunawan dan Suharti Sri Utami. (2008). “Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Nilai Perusahaan”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan No 2 Volume 7. September 2008.

Budiarsi, 2005. “Sisi Lain Etika Bisnis Green Manajemen, Etis atau Startegis,” The 2nd National Conference UKWMS Surabaya, 6 September 2005.angan. Jakarta: Salemba Empat.

Daniri, Mas Achmad, 2007. “Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Bag I)”.

Freddy Rangkuti. 2005. Business Plan Teknik Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hackston D dan Milne M J. (1996). Some determinants of social and environmental disclosures in New Zealand companies. Accounting, Auditing & Acountability Journal 9 (1) : 77-108.

Nor Hadi. 2011. Corporate Social Responsibility. Grahailmu. Yogyakarta.arang,

Pian KS, A. M.. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan di Indonesia. Skripsi Mahasiswa S-1. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro

Sembiring. Eddy Riswanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Utama, Sidharta, 2007. “Evaluasi Insfrastruktur Pendukung Pelaporan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia,”

Wild J.John., K.R, Subramanyan & Halsey F. Robert . 2005. Analisis Laporan Keuangan.

Yuniasih, Ni Wayan, dan Made Gede Wirakusuma, 2007. “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi,”




Flag Counter