Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016)

Lisnawati Lisnawati, Kania Nurcholisah, Diamonalisa Sofiyanti

Abstract


Abstract. This study aims to determine the effect of liquidity and leverage to financial distress. The population in this study is a manufacturing company listed on the stock exchange Indonesia. In this study, financial distress is measured using Altman Z-Score. The research method used in this research is descriptive method by using multiple linier regression analysis and data analysis technique using quantitative method. In this research, the research population is food and beverage sub-sector listed in Indonesia Stock Exchange period 2014-2016 with purposive sampling sampling technique. Based on these techniques, obtained a sample of 14 companies with a span of 3 years, so the results of 42 observations. In this research is liquidity and leverage as independent variable and financial distress as dependent variable. Based on the results of research, financial liquidity to financial distress and leverage marriage to financial distress.

 

Keywords: Liquidity, Leverage, Financial Distress

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh likuiditas dan leverage terhadap financial distress. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang  terdaftar di bursa efek indonesia. Dalam penelitian ini,  financial distress diukur dengan menggunakan Altman Z-Score. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis uji regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Dalam penenelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah perusahaan sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016 dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan dengan rentang waktu 3 tahun, sehingga diperoleh 42 observasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah likuiditas dan leverage sebagai variabel independen dan financial distress sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, likuiditas berpengaruh terhadap financial distress dan leverage berpengaruh terhadap financial distress.

 

Kata kunci : Likuiditas, Leverage, Financial Distress


Keywords


Likuiditas, Leverage, Financial Distress

Full Text:

PDF

References


Foster, George. 1989. Financial Statement Analysis. Prentice-Hall, Engelwood Cliffs, N.J.

Hendra S. Raharja Putra. (2009). Manajemen Keuangan dan Akutansi Untuk Eksekutif Perusahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Hanafi, Mamduh H dan A. Halim. 2007. Analisis Laporan Keuangan, edisi 3. Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPN.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat: Jakarta

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Lukman Syamsuddin. 2002. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru,Cetakan Ketujuh, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Munawir, S, 2002. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua: YPKN, Yogyakarta

Sigit, R. (2008). Pengaruh Rasio Likuiditas, Financial Leverage dan Arus Kas untuk Memprediksi Financial Distress pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEJ tahun 2004-2005. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Yustika, Yeni. 2015. Pengaruh Likuiditas,Leverage,Profitabilitas,Operating Capacity dan Biaya Agensi Manajerial terhadap Financial Distress. Jom FEKON Vol-2 No.2 Oktober 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10342

Flag Counter    Â