Pengaruh Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) terhadap Keunggulan Kompetitif)

Devi Andriyani, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


Abstract. Value Chain Analysis is a strategic tool that helps companies achieve competitive advantage. Value chain analysis identifies from inside the company to the public, it can help the company to excel in market competition. The purpose of this study is to know the value chain analysis and how the company increased its competitive advantage and can know the influence of value chain analysis to competitive advantage at Plaza Parahyangan Bandung. This research was conducted at Parahyangan Plaza Bandung with survey method of quantitative approach. Data source used in this research is primary data source. The data collection techniques used are questionnaires. This hypothesis was tested using simple linear regression analysis. Test results show that the distro at Parahyangan Plaza Bandung is still difficult to find raw materials and pricing that has not been able to compete with distros other than in Plaza Parahyangan Bandung. The results of hypothesis testing states that the analysis of the value chain does not affect the competitive advantage on the distribution at Plaza Parahyangan Bandung

Keywords: Value Chain Analysis, Competitive Advantage

 

Abstrak. Analisis Rantai Nilai merupakan alat strategi yang membantu perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif. Analisis rantai nilai mengidentifikasi dari bagian dalam perusahaan sampai kepada masyarakat, hal tersebut dapat membantu perusahaan untuk dapat unggul dalam persaingan di pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis rantai nilai, untuk mengetahui keunggulan kompetitif serta dapat mengetahui pengaruh analisis rantai nilai terhadap keunggulan kompetitif pada Plaza Parahyangan Bandung. Penelitian ini dilakukan di Plaza Parahyangan Bandung dengan metode survey dan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan pengujian analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa distro di Plaza Parahyangan Bandung masih sulit mencari bahan baku serta penetapan harga yang belum mampu bersaing dengan distro-distro selain di Plaza Parahyangan Bandung. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa analisis rantai nilai tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif pada distro di Plaza Parahyangan Bandung

Kata kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Bersaing


Keywords


Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alim, Moh. Zaman. 2013. Kostum Barat dari Masa ke Masa. Diakses dari www.metrotvnews.com [8/12/2017]

David, Fred R. 2006a. Manajemen Strategi. Buku 1. Ed ke sepuluh. Jakarta : Salemba Empat

___________. 2009b. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat

Hansen dan Mowen. 2000. Akuntansi Manajemen. Edisi kedua. Terjemahan: A. Hermawan. Jakarta: Erlangga.

Hitt, Michael A, R Duanne, Hoskisson. 2001. Manajemen Strategis : Konsep Daya Saing dan Globalisasi. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Porter, M.E. 1986. Competitive Strategy. Harvard Business School Press.

Usman, Ade Sudrajat. 2016. “Kenapa Tekstil Impor Harganya Jauh Lebih Murah dari Lokal?â€, tersedia di https://finance.detik.com/industri/d-3491015/kenapa-tekstil-impor-harganya-jauh-lebih-murah-dari-lokal [2/12/2017]




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10016

Flag Counter    Â