ARAHAN PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU KAWASAN INDUSTRI KRAKATAU STEEL KOTA CILEGON BERDASARKAN PENDEKATAN URBAN HEAT ISLAND

Mustika Dewi, Ernady Syaodih

Abstract


Salah satu persoalan pemanasan global adalah karena semakin meningkatnya alih fungsi lahan ruang terbuka hijau menjadi kawasan terbangun khususnya kawasan industri. Salah satu upaya untuk mengkaji persoalan pemanasan iklim mikro di sekitar kawasan industri dapat dilakukan melalui pendekatan Urban Heat Island (UHI).

Tujuan Penelitian adalah untuk menciptakan kawasan industri Krakatau Steel yang memiliki RTH optimum dan mampu mereduksi peningkatan suhu yang disebabkan oleh munculnya pulau panas perkotaan.

Metode Pendekatan yang dilakukan berupa identifikasi kebutuhan luas RTH jalur hijau serta jenis vegetasi berdasarkan peran dan fungsinya yang didukung oleh analisis suhu permukaan menggunakan pengolahan citra satelit. Sehingga diperoleh arahan dan rekomendasi berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan berupa arahan terkait pengembangan RTH berdasarkan pendekatan Urban Heat Island (UHI) di kawasan industri Krakatau Steel.


Keywords


RTH, Kawasan Industri, Urban Heat Island (UHI)



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.794

Flag Counter   Â