Kajian Kesesuaian Kualitas Perairan Waduk Cirata untuk Kegiatan Karamba Jaring Apung Kabupaten Purwakarta

Maulidia Shalli Barokah, Lely Syiddatul Akliyah, Irland Fardani

Abstract


Pembangunan Waduk Cirata sebagai sumber daya air, memiliki fungsi utama sebagai PLTA yang dimanfaatkan pula untuk kegiatan budidaya ikan karamba jaring apung. Kegiatan budidaya ikan karamba jaring apung di Waduk Cirata telah overcapacity. Waduk Cirata merupakan perairan yang dibagi menjadi 3 zona, yakni zona I untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat, zona II untuk Kabupaten Purwakarta dan zona III untuk Kabupaten Cianjur. Zona II Kabupaten Purwakarta menjadi zona terpadat karena jumlah KJA yang melebihi luas perairan yang tersedia di zona II. Maka dari itu penulis ingin mengkaji bagaimana kondisi kualitas perairan waduk dalam menentukan jumlah KJA yang sesuai kualitas perairan di Waduk Cirata pada zona II Kabupaten Purwakarta agar tetap mengutamakan kualitas lingkungan dan keamanan Waduk Cirata sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Keywords


Waduk Cirata, Karamba Jaring Apung, Inverse Distance Weighted

References


Affan, Junaidi M. 2012. Identifikasi Lokasi untuk Pengembangan Budidaya Karamba Jaring Apung (KJA) Berdasarkan Faktor Lingkungan dan Kualitas Air di Perairan Pantai Timur Bangka Tengah. Jurnal Depik, Vol. 1 Nomor 1, April 2012. Banda Aceh: Koordinator Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala. Hal 78-85.

Badan Pengelola Waduk Cirata. 2016. Laporan Hasil Pemantauan Kualitas Air Waduk Cirata Triwulan IV. Bandung: Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran.

Ghufran H. Kordi K., M. 2013. Budidaya Ikan Konsumsi di Air Tawar. Yogyakarta: Lily Publisher.

Infoakuakultur. 2015. Penerapan Karamba Jaring Apung Dalam Budidaya. http://infoakuakultur.com/blog/penerapan-karamba-jaring-apung-dalam-budidaya/.

Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor 41 Tahun 2002, Tentang Pengembangan Pemanfaatan Perairan Umum, Lahan Pertanian dan Kawasan Waduk Cirata.

Khairunnisa.2014. Analisis Kesesuaian Wilayah untuk Budidaya Ikan Karamba Jaring Apung di Perairan Girsang Sipangan Bolon Danau Toba. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.7783

Flag Counter   Â