Kajian Keberlanjutan Taman Tematik Berdasarkan Perspektif Pengunjung (Studi Kasus: Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung)

Dina Madinah Sumaatmaja, Bambang Pranggono

Abstract


Taman tematik di Kota Bandung merupakan salah satu program pembangunan yang digagas oleh walikota Ridwan Kamil dalam masa kepemimpinannya. Program pembangunan taman tematik dianggap memiliki banyak potensi untuk menarik wisatawan dan meningkatkan index of happines warga Kota Bandung sehingga jumlah dari taman tematik ini terus bertambah Hal tersebut membuat taman tematik ini menjadi populer dibahas oleh banyak media. Namun, hal tersebut membuat timbul suatu isu masalah mengenai keberlanjutan taman tematik yang ada di Kecamatan Bandung Wetan. Hal ini dikarenakan Kecamatan Bandung Wetan memiliki banyak taman tematik yang sekarang mulai terbengkalai perawatan dan pengelolaannya. Keberlanjutan dari suatu taman tematik memiliki 12 faktor yang berpengaruh. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberlanjutan taman tematik yang ada di Kecamatan Bandung Wetan ini maka dilakukan identifikasi faktor yang berpengaruh terhadap keberlanjutan taman tematik dengan menggunakan metode analisis regresi logistik. Sedangkan, untuk dapat mengetahui tingkat kemungkinan keberlanjutan taman tematik di Kecamatan Bandung Wetan maka  dilakukan perhitungan yang berasal dari hasil kuesioner terhadap 120 pengunjung. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengetahui status keberlanjutan dari taman tematik yang ada di Kecamatan Bandung Wetan.

Keywords


Keberlanjutan, Taman Tematik, Pengunjung

References


BUKU / JURNAL:

Badan Pusat Statistik. 2016. Kota Bandung dalam Angka 2015. Bandung: Badan Pusat Statistik Kota Bandung.

Bappeda. 2014. KajianKonsepPengembangandanPengelolaan Taman Kota menjadi Taman Tematik di Kota Bandung. Bandung: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Carmona, Mattew, dkk. 2010. Public Spaces Urban Spaces (The Dimension of Urban Design). Elsevier Ltd.

Carr, Stephen. 1992. Public Spaces. Jakarta: Cambridge University Press.

Faizan, Inarotul dan Bahriah, Mita M. 2015. Efektivitas Taman-Taman Tematik di Kota Bandung sebagai Indikator Peingkatan Index of Happiness. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fatwadi, Dodi Tri. 2011. Pengaruh Kualitas Taman Terhadap Motivasi Berkunjung Masyarakat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hariz, Aulia. 2013. Evaluasi Keberhasilan Taman Lingkungan Di Perumahan Padat Sebagai Ruang Terbuka Publik Studi Kasus: Taman Lingkungan Di Kelurahan Galur, Jakarta Pusat. Vol. 24 No. 2, Agustus 2013, hlm.109 – 124. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota.

Hermawan, Aditya. 2015. Tingkat Keberhasilan Program Peningkatan Fasilitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) Terhadap Pemanfaatan Taman Kota di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Volume 11 (3): 261-271. Biro Penerbit Planologi Undip.

Jaya, Askar. 2004. Konsep Pembangunan Berkeberlanjutan (Sustainable Development). Bogor: Program PascaSarjana IPB.

Krieger, Alex dan Saunders, William S. 2009. Urban Design. Minneapolis: University of Minnesota.

M. Rijal. 2015. Analisis Kepemimpinan Bupati Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Pinrang. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Madanipour, Ali. 2003. Public and Private Spaces of the City. London: Routledge.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syaodih, Ernady. 2015. Manajemen Pembangunan Kabupaten dan Kota. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & RND. Bandung: Alfabeta.

HALAMAN WEB:

Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung. 2016. Taman Makam Bandung.http://tamanmakambandung.com/ diakses pada tanggal 20 November 2016 pukul 07.42.

Project for Public Spaces. 2009. What Makes a Successfull Places?.https://www.pps.org/reference/grplacefeat/ diakses pada tanggal 3 Januari 2017 pukul 05.52.

PERATURAN / KEBIJAKAN PEMERINTAH:

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 10 Tahun 2015 TentangRencana Detail Tata Ruang Dan PeraturanZonasi Kota Bandung Tahun 2015 – 2035.

PeraturanMenteriPekerjaanUmum No. 05 Tahun2008 TentangPedomanPenyediaandanPemanfaatanRuang Terbuka Hijau di KawasanPerkotaan.

SNI 03-1733-2004, TatacaraPerencanaanLingkunganPerumahan di Perkotaan.

Undang-undangNomor 26 Tahun 2007 tentangPenataan Ruang




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.7528

Flag Counter   Â