Kajian Kualitas Pelayanan Ojek Online dan Ojek Konvensional Menurut Pengguna

Suarico Suarico, Ina Helena Agustina

Abstract


Abstract. Their technologies emerging applications sehinggal issue of the movement could be mobilized through the system application and bring businesses ojek online based applications and existing business trends more applications selected by the community and see the increasing response of the people of Bandung on transport services ojek online with ojek konvensional assess how much service quality ojek online and ojek konvensional view factor customer satisfaction which includes tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, with variable appearance of driver, vehicle conditions, completeness attributes, time of booking, drivers have knowledge of the area of interest, fees issued in accordance with the distance, timeliness, drivers are skilled in driving a motorcycle, obeying traffic rules, be polite and give a sense of security by measuring the level of satisfaction of services for users in a specific time, by taking the response from the user in order to maintain and performance benefits and the level of customer satisfaction by seeing the service quality  gojek and ojek konvensional with descriptive method descriptive statistics of the model crosstab with the conclusion that the factors tangible ojek online and ojek konvensional nearly all the variables have the quality is not good, and to factor responsiveness on ojek online and ojek konvensional have good enough quality, to factor realibility on ojek online and ojek konvensional have good quality, to quality assurance factor ojek online has good quality and good feel less conventional and empathy factor on ojek online and ojek konvensional pretty good.

 

Abstrak. Adanya teknologi aplikasi yang muncul sehinggal persoalan pergerakan bisa di mobilisasi melalui system aplikasi tersebut dan memunculkan bisnis ojek online yang berbasis aplikasi dan ada kecenderungan bisnis aplikasi lebih dipilih oleh masyarakat  dan melihat semakin meningkatnya respon masyarakat Kota Bandung terhadap jasa transportasi gojek yang berbasis online dengan ojek konvensional dengan menilai seberapa banyak kualiatas pelayanan  ojek online dan ojek konvensional dengan melihat faktor kepuasaan pelanggan yang mencakup tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dengan variabel penampilan driver, kondisi kendaraan, kelengkapan atribut, waktu pemesanan, driver memiliki pengetahuan wilayah tujuan, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jarak yang ditempuh, ketepatan waktu, driver terampil dalam mengemudikan motor, menaati peraturan lalu lintas, bersikap sopan dan memberikan rasa aman dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelayanan bagi pengguna secara waktu tertentu, dengan mengambil respon dari user  guna mempertahankan dan manfaat kinerja dan tingkat kepuasan pelanggan dengan melihat kualitas pelayanaan gojek dan ojek konvensional dengan metode deskriptif dengan pendekatan statistika deskriptif dari model crosstab dengan kesimpulan bahwa pada faktor tangible ojek online dan ojek konvensional hampir semua variabel memiliki kualitas yang tidak baik, dan untuk faktor responsiveness pada ojek online dan ojek konvensional memiliki kualitas yang cukup baik, untuk faktor realibility pada ojek online dan ojek konvensional memiliki kualitas baik, untuk faktor assurance  kualitas ojek online memiliki kualitas baik dan konvensional merasa kurang baik dan faktor empathy pada ojek online dan ojek konvensional cukup baik.


Keywords


Quality of Service, Ojek Online, Ojek Konvensional

References


Adisasmita, S.A., (2011). Transportasi dan Pengembangan Wilayah. Konsep Dasar Transportasi dalam Pembangunan, Transportasi Menciptakan Place Utility dan Time Utility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Adisasmita,(2005). Manajemen Transportasi.

Adrian, Payne, (2000). The Essence of Services Marketing, Alih Bahasa, Fandy Tjiptono - Edisi II - Yogyakarta: Andi

Carvero, R., (2000). Informal Transport in Developing World. Informal Transportation, Definitions, Markets and Organizations. Nairobi, United nations Center for Human Settlements (Habitat).

Godard, X, (2006).“Coping With Paratransit in Developing Cities, A Scheme of Complementarity With Institutional Transportâ€, Paper Presented at Future Urban Transport Conference, Volvo Foundation for FUT, Gothenberg, Sweden 2-5 April 2006.

Oshima, R, Fukuda, A, Fukuda, T, & Satiennam, T, (2007). “Study On Regulation of Motorcycle Taxi Service in Bangkokâ€, Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 7, 1828 -1843.

Sugiyono, (2002), Metode Penelitian Administrasi Penerbit Alfabeta Bandung.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif danKombinasi.

Tjiptono. F., dan Candra., (2005), Service Quality and Satisfaction, Penerbit :Andi, Yogyakarta.

Wilkinson, P, (2008). “Formalising†Parattransit Operations in African Cities: Constructing A Research Agendaed.eds. Conference Organised Planners, Pretoria, South African: Document Transpormation Technologies cc, 480-490.

Zeithaml, V. A., (1988), Consumer Perception of Price, Quality, and Value: a

Means-end Model and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, 52, pp.2-11.

Agustina, Ina Helena (2006). Transportasi Untuk Kaum Perempuan “CAPTIVEâ€,Jurnal PS PWK Unisba, (Online), (http://puslit2.petra.ac.id/ diakses 30 Oktober 2016).

Fitriah Isky Farida, (2011). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Ekspres Pakuan Jabodetabek (Studi Kasus Kereta Api Ekspres Pakuan Bogor-Jakarta), (Online),( http://repository.ipb.ac.id/ diakses 4 September 2016).

Nafisa Choirul Mar’ati, (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya), (Online),( http://ejournal.unesa.ac.id/ diakses 6 September 2016).

Putri, E.P, (2009). Keterkaitan Antara Karakteristik Pelayanan Paratransit dengan Pola Keruangan Kawasan di Kelurahan Ancol dan Sekitarnya, DKI Jakarta. Universitas Gadjah Mada, (Online),( https://zejimandala.wordpress.com / diakses 8 September 2016).

Wiratri Anindhita, (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna pada Bisnis Transportasi Ojek Online.(Online),( http://journal.bakrie.ac.id/ diakses 28 Agustus 2016).

Zeithaml, A., A. Parasuraman, & Leonard L. Berry, (1988), servqual : A Multiple-Item Scale For Measuring Customer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, 64, pp. 12-23, (Online),( http://www.citeulike.org/ diakses 11 September 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.6277

Flag Counter   Â