Kajian Alternatif Lokasi Terminal Tipe C di Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

Ade Rio Dwi, Ira Safitri

Abstract


Secara regional dan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Majalengka, Kecamatan Talaga termasuk Kawasan Pusat Kegiatan Lokal (PKL), dengan fungsi pelayanan sebagai pusat pelayanan sosial dan umum, pengembangan pertanian, pengembangan kawasan perkotaan, komersial, industri, pengembangan pariwisata dan terminal regional. Kecamatan Talaga merupakan wilayah lintas provinsi dan kabupaten serta jalur alternatif pantai utara (pantura). Penetapan Kecamatan Talaga sebagai Pusat Kegiatan Lokal (PKL) mempengaruhi percepatan pembangunan di Kecamatan Talaga dan mobilitas msayarakat yang menyebabkan bertambahnya jumlah kendaraan yang terdapat di Kecamatan Talaga, baik angkutan umum maupun pribadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan adanya fasilitas terminal. Terminal eksisting belum memenuhi standar terminal tipe C dan tidak berfungsi sama sekali. Terminal eksisting yang berada di Blok Citungtung Desa Cicanir Kecamatan Talaga malah terbengkalai dan tidak berfungsi sama sekali, karena letak yang tidak strategis sehingga jauh dari keramaian. Luas terminal eksisting yang hanya 600 m², dengan standar yang ada yaitu terminal tipe C harus memiliki luas 1 Ha.

Tujuan dari studi ini adalah menentukan lokasi terminal tipe C optimum yang mampu memenuhi kebutuhan RTRW dan RDTR di masa yang akan datang. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi terminal lama dan analisis yang meliputi analisis aksesibilitas, analisis gravitasi, analisis rank size, analisis skalogram, analisis LOS dan VCR serta analisis lokasi.

Akhir dari studi ini menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi. Hasil dari evaluasi dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Desa Talaga Wetan merupakan lokasi terminal tipe C terpilih di Kecamatan Talaga. Dimana lokasi tersebut merupakan lokasi yang paling aksesibel serta memenuhi semua kriteria lokasi terminal tipe C.

 

Kata kunci : Lokasi, Terminal Tipe C, PKL Talaga

 


Keywords


Lokasi, Terminal Tipe C, PKL Talaga

References


Daftar Pustaka

Morlok, Edward K. 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta : Erlangga.

Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung : ITB.

Ofyar Z. Tamin. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung : ITB.

Rushton. 1973. Optimal Location of Facilities. Wentworth USA : Compress, inc

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung : ITB.

Sumber Lain :

Departemen Agama Republik Indonesia. 2002. Al Quran Tajwid dan Terjemahan. Bandung : Pena Pundi Aksara.

Alamanda Eka Fitri. 2010. Penentuan Lokasi Terminal Tipe A di Kabupaten Bekasi. Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Bandung.

Muhammad Ikhwan Lubis.1997. Evaluasi Terminal Glugur Kotif Rantau Prapat Kabupaten Daerah Tingkat II Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara. Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Bandung.

Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Majalengka Tahun 2011-2031

Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 Tentang Jaringan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 35 Tahun 2003 Tentang Terminal Transportasi Jalan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.2273

Flag Counter   Â