Konstruksi Personal Branding Ridwan Kamil di Media Online

Falzah Syauqi, Ferry Darmawan

Abstract


Penelitian ini meneliti berita tentang personal branding Walikota Bandung, Ridwan Kamil di media online Tribun Jabar. Di mana pemberitaan mengenai sepak terjang para kepala daerah di Indonesia mulai menjadi isu yang penting bagi publik Nasional. Untuk mengetahui bagaimana Tribun Jabar online membingkai berita tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis framing model Murray Edelman. Model ini digunakan untuk mengetahui dengan cara apa wartawan atau media menonjolkan pemaknaan atau penafsiran mereka atas suatu peristiwa dengan tiga perangkat analisis, yakni kategorisasi, rubrikasi, dan ideologi. Data penelitian pemberitaan tentang Ridwan Kamil dipilih dan diperoleh pada pemberitaan sepanjang tahun 2015 di Media Online Tribun Jabar.Dari 12 pemberitaan di Tribun Jabar online yang dipilih dan dianalisis menggunakan framing model Murray Edelman, menghasilkan penemuan bahwa Ridwan Kamil ditampilkan sebagai sosok yang egaliter, familyman, karismatik, terkenal, berprestasi, bersih, serta santun. Kemudian pada aspek rubrikasi, dari 12 berita yang telah dianalisis oleh peneliti, terdapat beberapa berita yang lebih tepat ditempatkan pada rubrik lingkungan, nasional, olahraga, serta politik dan hukum. Pada aspek framing ideologi tentang sosok Ridwan Kamil, menyatakan bahwa apapun yang dilakukan seorang Ridwan Kamil pasti akan menjadi sesuatu yang menarik untuk diberitakan, walaupun hanya hal – hal yang ringan, namun berita tentang Ridwan Kamil selalu memperoleh banyak pembaca serta Ridwan Kamil dinilai menjadi sosok yang inspiratif bagi banyak kepala daerah di Indonesia.

 

This study examines the news about personal branding The Mayor of Bandung, Ridwan Kamil by online media Tribun Jabar. Which is the news about the paces of heads of regions in Indonesia has began to become an important issue for national public.To find out how the Tribun Jabar framing the news, this study uses qualitative method and approach the Framing analysis with Murray Edelman's model. This model is used to knowing in what way the journalist or the media marking their meaning or interpretate an event, with three analysis tools, namely categorization, rubric, and ideology. The research data that reporting about Ridwan Kamil has selected and acquired in the news that reported throughout of 2015 in Tribun Jabar's online media.From the 12 reports in the Tribun Jabar that has been selected and analyzed using Murray Edelman's framing model, resulted in the discovery that Ridwan Kamil is shown as being egalitarian, familyman, charismatic, famous, achievers, clean, and polite. Then in rubric aspect, from the 12 news that has been analyzed by researcher, there is some news that more accurately placed on the environment section, national, sports, and politics and law. In the aspect of ideology frame from the figure Ridwan Kamil, stated that anything done by Ridwan Kamil will definitely be something interesting to be reported, even though the simple things, but the news about Ridwan Kamil always get a lot of readers and Ridwan Kamil rated as a person who can be the inspiration for many heads of regions in Indonesia.


Keywords


Ridwan Kamil, Tribun Jabar, Framing

References


Eriyanto. 2012. Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT. LPKis Printing Cemerlang

H.P, Rosmawaty. 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Penerbit Widya Padjajaran

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan duapuluh (edisi revisi) Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

http://marketeers.com/new/upaya-tribun-jabar-bertahan-di-era-digital/

http://jabar.tribunnews.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4030

Flag Counter   Â