Ilustrasi Komik Sebagai Alat Penyampaian Berita

Auzan Nur Adli, Ferry Darmawan

Abstract


Abstract. Currently, reading interest in Indonesia is still relatively low, therefore many people have made this an opportunity to link reading interest, including journalists. One of the creative ideas is issued by adding various illustrations. The Instagram account @jurnaliskomik uses a breakthrough by making comics a tool to convey news. This study aims to examine the relationship between the use of comic illustrations in the news. The theory used is the comic theory according to Scott McCloud, which states that comics are images and other symbols that are juxtaposed (side by side) in a certain order, aiming to provide information and / or achieve aesthetic responses from readers. The elements in the comics became the reference for researchers to test the theory. The method used in this research is correlational, which looks for the relationship between variable X and variable Y. where variable X contains comic illustrations and variable Y gives reading interest. The sample of this study was 100 selected followers of the @jurnaliskomik Instagram account. This study uses the Spearman Rank correlation analysis technique (Spearman's Rho Rank-Order Correlations), this test is used to test two variables whether there is a relationship or not. Judging from the responses of respondents, the use of images is one of the factors that can attract the attention of the community to start reading.

Keywords : Illustration, comic, interest, reading and Instagram

Abstrak. Saat ini minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah, maka dari itu banyak orang yang menjadikan kendala tersebut sebagai ajang untuk mengait minat membaca tak terkecuali para jurnalis. Ide – ide kreatif dikeluarkan salah satunya dengan menambahkan berbagai ilustrasi. Akun Instagram @jurnaliskomik menggunakan suatu terobosan dengan menjadikan komik sebagai alat untuk menyampaikan pemberitaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan penggunaan ilustrasi komik pada berita. Teori yang digunakan adalah teori komik menurut Scott Mccloud yang mengatakan komik adalah gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi (saling berdampingan) dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi dan atau mencapai tanggapan estetis dari pembaca. Unsur-unsur pada komik menjadi acuan peneliti untuk menguji teori tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, dimana mencari hubungan antara variabel X dengan variabel Y. dimana variabel X berisikan ilustrasi komik dan variabel Y berisikan minat membaca. Sampel penelitian ini adalah 100 orang followers akun Instagram @jurnaliskomik yang dipilih. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Rank Spearman (Spearman’s Rho Rank-Order Correlations), pengujian ini digunakan untuk menguji dua variabel apakah ada hubungan atau tidak. Dilihat dari tanggapan responden, penggunaan gambar menjadi salah satu faktor yang dapat menarik perhatian masyarakan untuk mulai membaca.

Kata Kunci : Ilustrasi, Komik, Minat, Membaca dan Instagram.



Keywords


Ilustrasi, Komik, Minat, Membaca dan Instagram.

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi, Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Astiningrum, N. & Prastiwi J.E. 2007. Hubungan Antara Minat Terhadap Komik Jepang (Manga) dengan Kemampuan Rekognisi Emosi Melalui Emosi Wajah, dalam Jurnal Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Volume 34, nomor 2 Tahun 2007 (hlm. 130-150) .

Elvinaro, Ardianto. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantiatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Darmawan, Ferry. 2016. Modalitas Visual Kartunis dalam Kartun Politik Online Pascareformasi. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 13, nomor 1 tahun 2016 (hlm. 109-122) Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kriyantono, Rakhmat. 2014. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenadamedia Group.

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics. New York: HarperCollins Publisher.

Prasetyono, Aditya Eko. 2015. Pengaruh Media Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di Sma Swadhipa Natar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung

Pratiwi, Wulandari dan Riza Yonisa Kurniawan. 2013. Penerapan Media Komik sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 1, No. 3 2013..

Rakhmat, Jalaluddin. 2017. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama

Rakhmat, Jalaluddin, & Ibrahi, Idi Subany 2016. Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sujarweni, Wiratna. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabeta.

Susilowati, Eva Teguh. 2010. Hubungan Minat Menonton Film Kartun Laga di Televisi dengan Agretivitas Siswa SDN Ngimbang Palang Tuban: Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Ahmad, Fajar Tabioni., 2018. Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Bantul dalam E-Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Nomor I Tahun 2018 (hal 1-2).

Triatma, I.N., 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan Reading Interest In 6 Th Grade Students Of The Public Elementary School, dalam E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Volume 5, nomor 6 Tahun 2016 (hlm. 166–178).

Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma., 2019. Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi dalam Media Sosial, dalam Jurnal Nawala Visual Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Desain Bali, Vol No.1.

Azmie, Muhammad Faula., 2015. Manajemen Pengelola Portal Berita www.goriaou.com. Dalam Menarik Minat Baca Pada Media Sosial, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Politik Universitas Riau, Pekan Baru. Journal FISIP Vol 2 No 1.

Siswati., 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa, Journal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Vol 8. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26094

Flag Counter   Â