Penerapan Jurnalisme Lingkungan dalam Pemberitaan Media Online Lingkungan

Shakila Anisa Larasati, Rita Gani

Abstract


Abstract. Environmental journalism is a journalistic concept that focuses on reporting on issues that are sustainable with the environment. This journalism seeks to provide solutions to environmental problems. Greeners.Co exists as an online media that provides news that is full of interests and sides with environmental safety and processes to reduce the negative impact of environmental damage. The purpose of this study was to determine (1) the process of reporting environmental journalism in Greeners.Co online media, (2) the processing of environmental journalism data in the Greeners.Co online media, and (3) the reasons why Greeners.Co implemented environmental journalism. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The subject of this research is the online media Greeners.Co, with the object of research is the application of environmental journalism by Greeners.Co. The results showed that basically the process of reporting and processing data on the application of environmental journalism in Greeners.Co online media is the same as the way the media work in general, namely by implementing a full journalistic understanding. What distinguishes is only the context of its reporting, in which environmental journalism specifically addresses environmental issues. Greeners.Co embodies this journalism application by providing information about environmental problems, the impact of environmental problems, and the solutions it offers to these problems. This is one of Greeners.Co's efforts to save the environment by educating the public through its news.

Keywords: Environmental journalism, Greeners.Co, Online media, Case Studies.

Abstrak. Jurnalisme lingkungan merupakan sebuah konsep jurnalistik yang memfokuskan pemberitaannya pada persoalan-persoalan yang berkesinambungan dengan lingkungan hidup. Jurnalisme ini berusaha untuk memberikan solusi dari persoalan lingkungan. Greeners.Co hadir sebagai media online yang menyajikan berita yang sarat akan kepentingan serta berpihak pada keselamatan lingkungan hidup dan proses-proses untuk mengurangi dampak negatif dari kerusakan lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) proses peliputan jurnalisme lingkungan di media online Greeners.Co, (2) proses pengolahan data jurnalisme lingkungan di media online Greeners.Co, dan (3) alasan Greeners.Co melakukan penerapan jurnalisme lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah media online Greeners.Co, dengan objek penelitiannya adalah penerapan jurnalisme lingkungan yang dilakukan oleh Greeners.Co. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya proses peliputan dan pengolahan data pada penerapkan jurnalisme lingkungan di media online Greeners.Co sama seperti cara kerja media-media pada umumnya, yaitu dengan menerapkan paham jurnalistik seutuhnya. Yang membedakan hanya konteks pemberitaannya, di mana jurnalisme lingkungan secara khusus membahas isu-isu lingkungan hidup.  Penerapan jurnalisme ini diwujudkan oleh Greeners.Co dengan memberikan informasi mengenai persoalan lingkungan, dampak dari persoalan lingkungan, dan solusi yang ditawarkannya dari persoalan tersebut. Hal ini merupakan salah satu upaya Greeners.Co untuk menyelamatkan lingkungan hidup dengan mengedukasi masyakat melalui pemberitaannya.

Kata Kunci: Jurnalisme lingkungan, Greeners.Co, Media online, Studi kasus.


Keywords


Jurnalisme lingkungan, Greeners.Co, Media online, Studi kasus.

Full Text:

PDF

References


Abrar, Ana Nadhya. 1993. Mengenal Jurnalisme Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Atmakusumah. 1996. Mengangkat Masalah Lingkungan ke Media Massa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kurnia, Novi, dkk. 2019. Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kurnia, Septiawan S. 2017. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Muh. Fitrah, M.Pd dan Dr. Luthfiyah, M.Ag. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalisme Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Suryani, Ita dan Asri Sagiyanto. 2017. “Strategi Komunitas Betawi dalam Mempromosikan Tradisi Palang Pintu (Studi Kasus pada Event Festival Palang Pintu XI),†Jurnal Komunikasi. Volume VIII Nomor 2, September 2017. (hlm. 4).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25745

Flag Counter   Â