POLA MENONTON TAYANGAN INFOTAINMENT PADA KALANGAN IBU RUMAH TANGGA

hikmawati mahmudah, Dedeh Fardiah

Abstract


Televisi sebagai salah satu media massa memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku masyarakat dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu produk tayangannya adalah infotainment, dimana saat ini sebagian besar tayangan infotainment berisikan berita gaya hidup para selebritis, ataupun rumor yang belum jelas kebenarannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pola menonton tayangan infotainment pada kalangan ibu rumah tangga. Subjek penelitian yaitu 3 orang ibu rumah tangga di RT 04 Perumahan Mekarsari Kota Sumedang, yang akan dibagi ke dalam kelompok khalayak yang memiliki kesadaran rendah (illiterate), menengah (pragmatist), dan tinggi (intellectual). Metode yang digunakan adalah etnografi komunikasi yang menjelaskan situasi komunikasi, peristiwa komunikasi, tindak komunikasi dan makna komunikasi sebagai aktivitas komunikasi khalayak.

Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan pada setiap aktivitas komunikasi yang terjadi pada ibu rumah tangga pada saat menonton tayangan infotainment. Pada tipe intellectual makna menonton tayangan infotainmentnya adalah untuk mengisi waktu senggang. Pada tipe penonton pragmatis untuk memenuhi berbagai informasi terbaru dan menjadikannya sebagai sarana rekreasi. Pada tipe illiterate situasi menonton terjadi pada saat istirahat siang dan sore hari, cenderung menonton tayangan seorang diri, dimana tayangan yang ditonton sesuai dengan kebutuhan atau minat. Perbedaan pola menonton ini menyebabkan perbedaan sikap khalayak terhadap tayangan infotainment yang ditontonnya.


Keywords


pola menonton tayangan infotainment

References


Ardianto, Elfinaro dan Bambang. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Sari, Endang S. 1993. Audience Research: Pengantar Studi Penelitian terhadap pembaca, pendengar dan pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.

Susanto, Arnol. 2012. Modul Riset dan Seminar Media. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sumber lain :

Liputan 6. 2006. “Fatwa Haram Bagi Tayangan Ghibahâ€, http://m.liputan6.com/news/read/126826/fatwa-haram-bagi-tayangan-igibahi. Tanggal akses 7 Mei 2014, pk. 7.31 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2171

Flag Counter   Â