Wajah Politik Indonesia Awal Tahun 2015 (Analisis Struktur Naratif Seymour Chatman Pada Laporan Utama Majalah Tempo Edisi 09 – 15 Februari 2015)

teti diana ayu novianti, Ratri Rizki Kusumalestari

Abstract


Terdorong untuk membahas permasalahan politik, awal tahun, media ramai memperbincangkan polemik yang mengenai tubuh lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi. Beberapa nama besar yang bermunculan pada situasi politik itu menjadi sebuah problematika tersendiri tentang salah satu situasi di Negara Indonesia. Tanda adanya ketidakharmonisan antar petinggi negara tidak luput dari sorotan pemberitaan khususnya media cetak.  Agar pemberitaan menarik dan relevan, berita narasi hadir menjadi alternatif yang memuat urutan peristiwa, karakter, cerita, plot, dan setting. Tujuannya adalah untuk mengetahui story dan discourse pada kajian pemberitaan melalui analisis naratif Seymour Chatman. Peneliti mengkaji permasalahan ini dengan menggunakan metode kualitatif, analisis naratif, analisis wacana kritis,dan beberapa teori pelengkap. Dengan mengamati isi berita majalah Tempo berjudul “Dalam Bidikan Koalisi Besar†dan “Di Antara Merdeka Utara dan Teuku Umarâ€, peneliti pun melakukan proses wawancara dan studi kepustakaan agar menunjang hasil penelitian. Hasil kajian penelitian menemukan (1) adanya dramatisasi konflik yang intens terkandung pada komponen story pemberitaan dalam komponen alur, karakter, dan setting, (2) Wacana komisi antikorupsi sebagai korban koalisi besar menjadi gagasan utama yang memang didasari oleh model skema dan proses produksi wartawan sebagai ideologi dirinya. Sebab dilihat dari analisis sosialnya pun kekuasaan koalisi besar mengontrol wacana itu disebarluaskan kepada publik namun media tidak mendukung sepenuhnya soal adanya wacana upaya kriminalisasi pada Komisi Pemberantasan Korupsi.


Keywords


Politik, Narasi Berita, Story, Discourse

References


Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik:Petunjuk Teknis Menulis Berita.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Chatman, Seymour. 1978. Story and Discourse (narrative structure in fiction and film). United States of America: Cornell university press.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Eriyanto. 2013. Analisis naratif, (Dasar-dasar dan Penerapannya dalam analisis teks berita media). Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2014. Komunikasi Naratif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Stokes, Jane. 2007. How To Do Media and Cultural Studies. Cetakan ke-2. Penerjemah: Santi Indra Astuti. Yogyakarta: Bentang.

http://e-journal.uajy.ac.id/4665/1/0KOM03935.pdf. Tanggal Akses 1 Maret pukul

00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2017

Flag Counter   Â