Objektivitas Pemberitaan mengenai Kasus Rasisme Mahasiswa Papua di Media Online Tempo.co

Faizal Rahma, Askurifai Baksin

Abstract


Abstract. Along with the times, the technology used to disseminate and obtain information is growing. Objectivity in mass media coverage is an endless thing to discuss, both from television coverage to digital mainstream media or online media held by the authorities and big businessmen. This applies to the case that occurred in August 2019 about the case of racism against Papuan students.  The task of the press is to provide information needs for the public that are objective, actual and balanced. As one of the online media that preach racism cases against Papuan students and as one of the independent online media that is not related to political interests in Indonesia, making tempo.co should be able to provide objective coverage of racism cases against Papuan students. In this study the researchers aimed to examine whether tempo.co as one of the independent online media reports on racism in Papua students in a balanced manner without taking sides with one party and not putting opinions into the news. In this study, researchers used a descriptive research method with a quantitative approach and content analysis research techniques in checking 18 news items presented by tempo.co.

Keyword:  objectivity online media, tempo.co, racism to  Papuan student cases

 

Abstrak. Seiring perkembangan zaman maka teknologi yang digunakan untuk menyebarkan dan mendapatkan informasi kian berkembang. Objektivitas dalam pemberitaan media massa merupakan hal yang tidak pernah ada hentinya untuk dibahas, baik dari pemberitaan televisi hingga media mainstream digital atau media daring yang dipegang oleh penguasa dan pengusaha besar. Hal ini berlaku pada kasus yang terjadi bulan Agustus 2019 silam tentang kasus rasisme terhadap mahasiswa Papua.  Tugas pers adalah menyediakan kebutuhan informasi bagi publik yang bersifat objektif, aktual, dan berimbang. Sebagai salah satu media online yang memberitakan kasus rasisme terhadap Mahasiswa Papua dan sebagai salah satu media online yang independen yang tidak terkait dengan kepentingan politik di Indonesia menjadikan tempo.co seharusnya bisa memberikan pemberitaan yang objektif tentang kasus rasisme terhadap Mahasiswa Papua.Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk meneliti apakah tempo.co sebagai salah satu media online yang independen memberitakan kasus rasisme mahasiswa papua secara berimbang tanpa memihak kepada salah satu pihak dan tidak memasukan opini kedalam pemberitaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta teknik penelitian analisis isi dalam melakukan pengecekan terhadap 18 berita yang disajikan oleh tempo.co.

Kata Kunci: objektivitas media online, tempo.co, pemberitan kasus mahasiswa papua



Keywords


objektivitas media online, tempo.co, pemberitan kasus mahasiswa papua

Full Text:

PDF

References


Biagi, Shirley. 2005. Media Impact: An Introduction to mass media. United States of America: Thomson Wadsworth

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Eriyanto. 2015. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial lainya. Jakarta: Prenamedia..

McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa. Jakarta:Salemba.

McQuail, Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar Edisi Kedua. Jakarta:Erlangga.

Neuendorf, Kimberly. 2002. The Content Analysis Guidebook. United States of America: SAGE Publications.

Rakhmat, Jalaluddin, Idi Subandy. 2017. Metode Penelitian Komunikasi: Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20149

Flag Counter   Â