Wajah Pendidikan di Indonesia dalam Tayangan Lentera Indonesia di NET TV

Muhamad Reja Jelang Mirad, Ratri Rizki K

Abstract


Abstract. Television with various programs is able to provide information to the public. Some are negative, and some are positive. In addition, many programs on television provide information and capture as many audiences as possible to make learning media. Television can also reveal meaning through signs. Lentera Indonesia on NET TV  provides unique information from one region in Indonesia. Young instructors who dedicate their knowledge to teach elementary school children in remote parts of the country, besides that the existing reality in education in Indonesia includes education infrastructure, access to education and school dropouts and education itself. The purpose of this study is to find out the face of education Indonesia in the "Indonesian Lantern" show. This study uses the semiotic method, which is a study of signs. The theory used is the television codes John Fiske. In this study the researchers examined three levels, namely the level of reality, the level of representation, and the level of ideology. The results of this study concluded that the reality of education took place especially in remote parts of Indonesia in Indonesian lantern shows. addressed through the level of reality, level of representation, and level of ideology. Described with dialogue, appearance, environment, and behavior in the scene. This show shows that the reality of education is still minimal and the educator is full of the values of struggle and service.

 

 

Abstrak. Televisi dengan berbagai programnya mampu memberikan informasi kepada khalayak. Ada yang bersifat negatif,  dan ada juga yang bersifat positif. Selain itu, banyak program acara di televisi yang memberikan informasi dan menjaring audience sebanyak mungkin untuk menjadikan media pembelajaran. Tayanagn televisi juga dapat mengungkapakan makna melalui tanda-tanda. Lentera Indonesia di NET TV yang memberikan informasi-informasi unik dari satu daerah di Indonesia. Pengajar muda yang mendedikasikan ilmu mereka untuk mengajar anak-anak Sekolah Dasar di pelosok tanah air, selain itu realaitas yang ada dalam pendidikan di indonesia diantaranya infrastruktur pendidikan, akses pendidikan dan anak putus sekolah serta sososk pendidik itu sendiriTujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Wajah Pendidikan Indonesia dalam tayangan “Lentera Indonesiaâ€. Penelitian Ini menggunakan metode semiotika, yaitu suatu ilmu yang mengkaji tentang tanda-tanda. Teori yang digunakan adalah kode-kode televisi John Fiske. Dalam penelitian ini peneliti memeliti tiga level yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  realitas pendidikan yang terjadi khususnya di pelosok Indonesia dalam tayangan lentera Indonesia. ditujukan melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi. Digambarkan dengan dialog, penampilan, lingkungan, dan kelakuan yang ada dalam adegan. Tayangan ini mempelihatkan realaitas pendidikan yang masih minim serta sosok pendidik sarat akan nilai perjuangan dan pengabdian.

Kata Kunci: Tayangan, Lentera Indonesia, Semiotika, John Fiske, Sosok Pendidik.


Keywords


Tayangan, Lentera Indonesia, Semiotika, John Fiske, Sosok Pendidik.

Full Text:

PDF

References


Baksin, Askurifai. 2003. Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Kataris.

Eriyanto, 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media, Yogyakarta, LKiS,

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sobur, Alex 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Esha Ridha Haqqy ,2015. Representasai Nilai Anti Kekerasan dalam Film (Analisis Semiotika John Fiske Dalam Film Big Hero 6) e-Proceeding of Management, hal 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14541

Flag Counter   Â