Efektivitas Pemberitaan Setya Novanto dalam Infografis

Hazbi Ardyan, Ferry Darmawan

Abstract


Abstract. Infographics is one proof of the development of journalism and the rapid advancement of technology. In this study, the author focuses on the infographic of time series of events and cases conducted by Setya Novanto in the Kumparan.com news media. The purpose of this study was to find and analyze the attractiveness of Infographic Setya Novanto in the Kumparan.com media, knowing the contents of Infographic's message Setya Novanto, knowing whether or not the information needs of readers were fulfilled, and to know the feasibility of Novanto's news coverage for readers. The method used in this research is descriptive quantitative method, through in-depth data collection techniques, observation, literature study, and relevant documents in research. This research was conducted on one of Setya Novanto's infographics published in the Kumparan.com media. Based on the results of the study found that Setya Novanto's infographics measured both in terms of attractiveness, the content of the message conveyed was good, fulfilled the readers' information needs and was feasible for the readers according to the results of the questionnaire distributed.

Keywords: Journalist, Data-Driven Journalism, Kompas Media

 

 

Abstrak. Infografis adalah salah satu bukti berkembangnya ilmu Jurnalistik dan pesatnya kemajuan teknologi. Dalam penelitian ini, Penulis berfokus pada Infografis rentetan waktu kejadian dan kasus yang dilakukan oleh Setya Novanto dalam pemberitaan media Kumparan.com. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menganalisis Daya tarik Infografis Setya Novanto dalam media Kumparan.com, mengetahui isi pesan Infografis Setya Novanto, mengetahui terpenuhi tidaknya kebutuhan informasi pembaca, dan untuk mengetahui kelayakan Infografis pemberitaan Setya Novanto bagi para pembaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, melalui teknik pengumpulan data yang mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan pada salah satu Infografis Setya Novanto yang dimuat dalam media Kumparan.com. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan yaitu Infografis Setya Novanto terukur baik dalam hal daya tarik, isi pesan yang di sampaikan pun baik, memenuhi kebutuhan informasi pembaca dan layak bagi para pembaca menurut hasil angket yang disebar.

Kata Kunci: Infographics, Setya Novanto, Media Kumparan.com

Keywords


Infographics, Setya Novanto, Media Kumparan.com

Full Text:

PDF

References


Buku:

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Baran, Stanley. J dan Dennis K. Davis. 2010. Teori Komunikasi Massa (Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan). Jakarta: Salemba Humanika.

DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Edisi Kelima (Terjemahan), Pamulang: Karisma Publishing Group.

Djuraid, Husnun N. 2007. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press.

Eka, Rita, AR Saliman. 2001. Periklanan Yang Efektif. Jurnal Ekonomi Perusahaan Vol. 8 No. 2.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jewler, A. Jerome dan Drewniany Bonnie, L. 2001. Creative Strategy in Advertising. USA: Wadsworth Thomson Learning, 10 Davis Drive Belmont.

Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Littlejohn, 2008, Theories of Human Communication. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

Ned, Racine. 2002 Communication Visual, Understanding Maps, Charts, Diagram, and Schematic. New York; Learning Ekspress.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online. Panduan Praktis Mengelola Media Online. Jakarta: Nuansa.

Septiawan Santana. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Bandung: Yayasan Obor Indonesia.

Sumadiria, As Haris. 2008. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Internet:

Roland E. Wolseley Jurnalistik Indonesia Ebook Journal http://scholar/google/Journalistik/Indonesia/Roland/E/29913/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14474

Flag Counter   Â