Seleksi Berita oleh Redaktur Rubrik Persib dan Jawa Barat di Harian Umum Pikiran Rakyat

Muhammad Reza Firdaus, Yenni Yuniati

Abstract


Abstract. All mass media channels have gatekeepers. They play a role in several functions, which can delete messages or modify and add messages to be spread. In addition, it can also stop an information and not open the "gate" for the release of information. The role of a gatekeeper is to evaluate the contents of the media to suit the needs of the audience. Someone who becomes a Gatekeeper in a media if seen in its function as a journalist covering a news will be left to a responsible position such as the Editor in Chief for the selection of news that will be presented to the public. The purpose of this research is to find out and analyze: (1) Motives of gatekeepers in selecting news in the Persib and West Java rubrics in the Pikiran Rakyat; (2) The experience of gatekeepers in selecting news in the Persib and West Java rubric in the Pikiran Rakyat General Daily; (3) The meaning of the gatekeeper in selecting the news in the Persib and West Java rubric in the Pikiran Rakyat. The method used in this study is to use qualitative methods with Alfred Schhutz's phenomenological approach through observation, literature study, and interviews.

Keywords: Gatekeeper, Mass Media, Harian Umum Pikiran Rakyat.



Abstrak. Semua saluran media massa memiliki gatekeeper. Mereka memainkan peranan dalam beberapa fungsi yakni dapat menghapus pesan atau memodifikasi dan menambah pesan yang akan disebar. Selain itu juga dapat menghentikan sebuah informasi dan tidak membuka “pintu gerbang†bagi keluarnya informasi. Peran seorang gatekeeper sendiri ialah untuk mengevaluasi isi media agar sesuai dengan kebutuhan khalayak. Seseorang yang menjadi Gatekeeper dalam sebuah media jika dilihat dalam fungsinya seperti seorang wartawan yang meliput sebuah berita akan diserahkan kepada posisi yang bertanggung jawab seperti Pimpinan Redaksi atas pemilihan berita yang akan disajikan kepada khalayak. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Motif gatekeeper dalam menyeleksi berita pada rubrik  Persib dan Jawa Barat di Harian Umum Pikiran Rakyat; (2) Pengalaman gatekeeper dalam menyeleksi berita pada rubrik  Persib dan Jawa Barat di Harian Umum Pikiran Rakyat; (3) Makna diri gatekeeper dalam menyeleksi berita pada rubrik  Persib dan Jawa Barat di Harian Umum Pikiran Rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schhutz melalui Teknik observasi, studi pustaka, dan wawancara.

Kata Kunci: Gatekeeper, Media Massa, Harian Umum Pikiran Rakyat.


Keywords


Gatekeeper, Media Massa, Harian Umum Pikiran Rakyat.

Full Text:

PDF

References


Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro dkk. 2014. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuswarno, Engkus. 2013. Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjadjaran.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy, J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

HM, Zaenuddin, 2011. The Journalist: Buku Basic Wartawan, Bacaan Wajib Para Wartawan, Editor, dan Mahasiswa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Santana K, Septiawan. 2017. Jurnalisme Kontemporer Edisi 2. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Schutz, Alfred.1972. The Phenomenology of The Social World. United State of America: Northwestern University Press

Severin Werner J, James W. Tankard. Jr. 2001. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/48699?show=full

http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/12337




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14393

Flag Counter   Â