Perilaku Khalayak yang Mengakses Tirto.Id di Instagram

Riesta Rinanda A, Nila Nurlimah

Abstract


Abstract. This research is caused by a progress of technology which is motivated the owners of media to develop their own media. On this time, the owners of media are using media social to share news and other informations. Popularity of media social caused untruthfulness news and informations. People will be more selective to choose which media that share truthfulness news and informations at media social. College students at Unisba are an active user of media social. They choosed Tirto.id to be a media that they access from Instagram. Not only to access Tirto.id, but also to give their comment on the news and informastions that shared by Tirto.id at Instagram. There are a lot of thoughts, knowledges, and characters from college students at Unisba caused a lot of receptions from them. The purposes of this research are to know receptions and positions hypothetical of college student at Unisba which access Tirto.id from Instagram. Methodology that used in this research is qualitative with Stuart Hall analysis reception. Researcher use reception theory by Stuart Hall. The result of this research showed a reception that arising from college student at Unisba after they accessed Tirto.id through Instagram is caused a new thought and knowledge for them. Their position as a people who access Tirto.id in Instagram is not always absolute, because there are a lot of thoughts that motivated by their own thoughts.

Keywords: Media Social, Analysis Reception, Reception Theory Stuart Hall

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya teknologi yangmendorong para pemilik media untuk mengembangkan medianya. Saat ini, para pemilik media telah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyebarluaskan berita dan informasi lainnya kepada khalayak. Maraknya keberadaan media sosial tersebut, menyebabkan tersebarluasnya berita-berita yang tidak terpercaya. Hal ini membuat khalayak lebih selektif dalam memilih media yang dia akses. Mahasiswa Unisba merupakan pengguna aktif media sosial. Mereka memilih Tirto.id sebagai media yang terpercaya. Mereka mengakses Tirto.id di Instagram. Tidak hanya aktif mengakses Tirto.id, mereka juga sering menuliskan komentar-komentarnya di kolom yang sudah disediakan oleh Tirto.id, baik di Twitter maupun Instagram. Banyaknya pemikiran, pengetahuan, dan kepribadian dari Mahasiswa Unisba menyebabkan beragam resepsi yang muncul ketika mengakses Tirto.id di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi yang muncul dan posisi hipotekalmahasiswa Jurnalistik Fikom Unisba terhadap Tirto.id di Instagram. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi Stuart Hall. Teori yang digunakan adalah teori pemaknaan Stuart Hall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa resepsi yang muncul dari Mahasiswa Unisba setelah mengakses Tirto.id di Instagram adalah menimbulkan pemikiran yang baru dan menambah pengetahuan mereka. Posisi pembacaan mereka dalam mengakses Tirto.id di Instagram pun tidak selamanya mutlak, karena adanya pemikiran yang berbeda-beda yang dilatarbelakangi oleh pemikiran yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.

Kata Kunci: Media Sosial, Analisis Resepsi, Teori Pemaknaan Stuart Hall

Keywords


Media Sosial, Analisis Resepsi, Teori Pemaknaan Stuart Hall

Full Text:

PDF

References


Buku:

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

HM, Zaenuddin. 2011. The Journalist. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ida, Rachmah. 2014. Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Cetakan ke-1. Jakarta: Prenada Media Group.

Lilis, Dede. 2014. Media Anak Indonesia: Representasi Idola Anak dalam Majalah Anak-Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Storey, John. 2008. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra.

Sumber lain:

Aditya, Rangga. (2015). Jurnal Mahasiswa Universitas Riau “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaruâ€. Online.

Nurlimah, Nila. (2005). Jurnal Dosen Prodi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba “Pengaruh Informasi Kesetaraan Gender pada Rubrik Swara Kompas terhadap Pers Pembaca tentang Kesetaraan Gender. Online.

Putri, Oriza Kusuma. (2012). Jurnal Mahasiswa UPN Jawa Timur “Motif Remaja dalam Menggunakan Media Jejaring Sosial Facebookâ€. Online.

Watie, Errika Dwi Setya. (2011). Jurnal Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Semarang “Komunikasi dan Media Sosialâ€. Online.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13666

Flag Counter   Â